Implementasi E-Media Warung Elektronik UMKM Dalam Pengembangan Proses Bisnis Di Kabupaten Bandung

Authors

  • Deden A Wahab Universitas Komputer Indonesia
  • Rahma Wahdiniwaty Universitas Komputer Indonesia
  • Wendi Zarman Universitas Komputer Indonesia
  • Yeffry Handoko Putra Universitas Komputer Indonesia
  • Herman S Soegoto Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v8i2.7988

Abstract

Proses bisnis UMKM dalam realitasnya, banyak memiliki kendala. kendala yang ada tersebut demikian masif melingkupinya. Dari sisi kompetensi sumber daya para pelaku usaha, kendala finansial, pemasaran yang belum optimal, kebijakan yang kurang mendukung, lokasi penjualan yang terbatas, terlebih infrastruktur Teknologi Informasi saat ini yang ada. Demikian pula mengingat kondisi saat ini pula, tidak sedikit produk yang dihasilkan para pelaku di usaha kecil menengah tersebut memiliki kesulitan untuk dapat dipasarkan dengan baik dan  sesuai dengan harapan. E-media warung elektronik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan proses bisnis terutama dari sisi pemasaran (marketing) yang sistemnya “menjemput bola” dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini e-media sebagai fasilitator salesman otomatis diharapkan dapat membantu memasarkan produk - produk UMKM yang ada tersebut. Oleh karenanya Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Komputer Indonesia Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan pendampingan dan pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi e-Media Warung Elektronik kepada Para Pelau usaha Mikro Kecil menengah di Kabupaten Bandung

Author Biographies

  • Deden A Wahab, Universitas Komputer Indonesia

    Magister Manajemen

  • Rahma Wahdiniwaty, Universitas Komputer Indonesia

    Magister Manajemen

  • Wendi Zarman, Universitas Komputer Indonesia

    Program Studi Sistem Komputer

  • Yeffry Handoko Putra, Universitas Komputer Indonesia

    Magister Sistem Informasi

  • Herman S Soegoto, Universitas Komputer Indonesia

    Magister Manajemen

Published

2022-03-21

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Implementasi E-Media Warung Elektronik UMKM Dalam Pengembangan Proses Bisnis Di Kabupaten Bandung”, JTK3TI, vol. 8, no. 1, pp. 42–48, Mar. 2022, doi: 10.34010/jtk3ti.v8i2.7988.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>