Implementasi E-Media Warung Elektronik UMKM Dalam Pengembangan Proses Bisnis Di Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v8i2.7988Abstract
Proses bisnis UMKM dalam realitasnya, banyak memiliki kendala. kendala yang ada tersebut demikian masif melingkupinya. Dari sisi kompetensi sumber daya para pelaku usaha, kendala finansial, pemasaran yang belum optimal, kebijakan yang kurang mendukung, lokasi penjualan yang terbatas, terlebih infrastruktur Teknologi Informasi saat ini yang ada. Demikian pula mengingat kondisi saat ini pula, tidak sedikit produk yang dihasilkan para pelaku di usaha kecil menengah tersebut memiliki kesulitan untuk dapat dipasarkan dengan baik dan sesuai dengan harapan. E-media warung elektronik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan proses bisnis terutama dari sisi pemasaran (marketing) yang sistemnya “menjemput bola” dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini e-media sebagai fasilitator salesman otomatis diharapkan dapat membantu memasarkan produk - produk UMKM yang ada tersebut. Oleh karenanya Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Komputer Indonesia Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan pendampingan dan pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi e-Media Warung Elektronik kepada Para Pelau usaha Mikro Kecil menengah di Kabupaten Bandung