Implementasi E-Media Warung Elektronik UMKM Dalam Pengembangan Proses Bisnis Di Kabupaten Bandung

  • Deden A Wahab Universitas Komputer Indonesia
  • Rahma Wahdiniwaty Universitas Komputer Indonesia
  • Wendi Zarman Universitas Komputer Indonesia
  • Yeffry Handoko Putra Universitas Komputer Indonesia
  • Herman S Soegoto Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Proses bisnis UMKM dalam realitasnya, banyak memiliki kendala. kendala yang ada tersebut demikian masif melingkupinya. Dari sisi kompetensi sumber daya para pelaku usaha, kendala finansial, pemasaran yang belum optimal, kebijakan yang kurang mendukung, lokasi penjualan yang terbatas, terlebih infrastruktur Teknologi Informasi saat ini yang ada. Demikian pula mengingat kondisi saat ini pula, tidak sedikit produk yang dihasilkan para pelaku di usaha kecil menengah tersebut memiliki kesulitan untuk dapat dipasarkan dengan baik dan  sesuai dengan harapan. E-media warung elektronik merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan proses bisnis terutama dari sisi pemasaran (marketing) yang sistemnya “menjemput bola” dari produsen ke konsumen. Dalam hal ini e-media sebagai fasilitator salesman otomatis diharapkan dapat membantu memasarkan produk - produk UMKM yang ada tersebut. Oleh karenanya Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Komputer Indonesia Bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan pendampingan dan pelatihan pemanfaatan Teknologi Informasi e-Media Warung Elektronik kepada Para Pelau usaha Mikro Kecil menengah di Kabupaten Bandung

Author Biographies

Deden A Wahab, Universitas Komputer Indonesia

Magister Manajemen

Rahma Wahdiniwaty, Universitas Komputer Indonesia

Magister Manajemen

Wendi Zarman, Universitas Komputer Indonesia

Program Studi Sistem Komputer

Yeffry Handoko Putra, Universitas Komputer Indonesia

Magister Sistem Informasi

Herman S Soegoto, Universitas Komputer Indonesia

Magister Manajemen

Published
2022-03-21
How to Cite
Wahab, D., Wahdiniwaty, R., Zarman, W., Putra, Y., & Soegoto, H. (2022). Implementasi E-Media Warung Elektronik UMKM Dalam Pengembangan Proses Bisnis Di Kabupaten Bandung. Jurnal Tata Kelola Dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, 8(1), 42-48. https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v8i2.7988
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)