PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI PADA POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

Megi Donni Daradjat, Ana Hadiana

Abstract


Menyelaraskan perencanaan strategis SI/TI dengan perencanaan strategis bisnis dan memberikan panduan perencanaan strategis SI/TI bagi institusi dalam mengembangkan atau meningkatkan penggunaan SI untuk memperoleh keunggulan bersaing dan mewujudkan visi, misi dan tujuan institusi merupakan manfaat yang diharapkan dari Perencanaan Strategis Sistem Informasi.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) merupakan hasil penyelarasan dengan Rencana Strategis POLBAN yang berlaku. Sesuai dengan metoda yang digunakan yakni Ward and Peppard, input dari Perencanaan Strategis Sistem Informasi berasal dari analisis lingkungan bisnis internal, lingkungan bisnis eksternal, lingkungan Sistem Informasi/Teknologi Informasi (SI/TI), internal dan lingkungan SI/TI eksternal guna mengetahui kondisi saat ini dan kebutuhan SI/TI masa datang. Analisis yang digunakan adalah Critical Success Factor, Value Chain, PEST, Porter Five Forces, Strategic Grid dan Kondisi SI/TI terkini yang selanjutnya dicari solusi SI/TI yang memungkinkan dalam mengatasi setiap faktor.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah rekomendasi strategi bisnis SI, strategi manajemen SI/TI, strategis TI, portofolio aplikasi mendatang dan rencana implementasi SI dengan melalui pertimbangan kebutuhan manajemen dan portofolio aplikasi yang sudah ada.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All Copyright © 2017 reserved by Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia