Perencanaan Strategi dan Kebijakan untuk Mengukur Keselarasan TI dengan Bisnis Menggunakan SAMM

  • Irfan Dwiguna Sumitra
  • M I Mutakin

Abstract

CV. Adiwarna Tunggal Jaya merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang distribusi barang keperluan sehari – hari. Produk yang didistribusikan antara lain tisu, popok, sabun, dll. Investasi TI mulai dipandang sebagai investasi yang strategis oleh CV. Adiwarna Tunggal Jaya. Karena sebelumnya belum pernah dilakukan pengukuran keselarasan TI dan bisnis, pihak manajemen kesulitan untuk memastikan strategi TI yang dijalankan di perusahaan sudah sesuai dengan strategi bisnisnya atau belum Penelitian ini akan membahas tentang cara mengukur tingkat kematangan berdasarkan model yang dibuat oleh Luftman yaitu Strategic Alignment Maturity Model (SAMM) agar dapat membantu CV. Adiwarna Tunggal Jaya mengetahui tingkat kematangan keselarasan strateginya sehingga tindakan perbaikan yang lebih baik dapat dilaksanakan. Tingkat kematangan keselarasan yang terdapat di CV. Adiwarna Tunggal Jaya adalah pada level 2 dengan skor 2,14. Strategi yang dibuat agar kematangan bisa naik menjadi level 3. Kebijakan yang dibuat berjumlah 27 poin.

Published
2021-09-07
How to Cite
Sumitra, I., & Mutakin, M. (2021). Perencanaan Strategi dan Kebijakan untuk Mengukur Keselarasan TI dengan Bisnis Menggunakan SAMM. Jurnal Tata Kelola Dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, 7(2), 76-85. https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v7i2.5553
Section
Articles