SISTEM INFORMASI PENCATATAN TRANSAKSI PADA PT. SURYA CITRA KALIKI INDONESIA

  • Annisa Paramitha Fadillah Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia

Abstract

PT. Surya Citra Kaliki Indonesia (SCKI) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang agribisnis. Tujuan dilakukan penelitian yaitu untuk melakukan analisis sistem yang sedang berjalan, perancangan, pengujian dan implementasi sistem informasi pelaporan agar dapat mempermudah proses pengolahan data penjualan, data pembelian dan data keuangan, selain itu juga dapat mempermudah pembuatan laporan perusahaan.
Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendekatan terstruktur dan metode pengembangnya menggunakan model Incremental, alat bantu yang digunakan dalam pembangunan sistem antara lain, flowmap, diagram konteks, Data Flow Diagram (DFD), Tabel Relasi, ER-D. sedangkan untuk perangkat lunak pendukung menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 suatu aplikasi pemrograman visual untuk antar muka antara sistem dengan user, sedangkan untuk perancangan database menggunakan Microsoft SQL Server 2000.
Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan yang dialami dalam pencatatan,pengolahan dan pembuatan laporan data transaksi, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan ke arah yang lebih baik.

Published
2015-03-01
How to Cite
[1]
A. Fadillah, “SISTEM INFORMASI PENCATATAN TRANSAKSI PADA PT. SURYA CITRA KALIKI INDONESIA”, JATI, vol. 5, no. 1, pp. 25-34, Mar. 2015.