APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: MADRASAH AR - RAHMAN BANDUNG)

Authors

  • Deasy Permatasari Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia
  • Andri Falah Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/jati.v4i1.802

Abstract

Dalam rangka belajar kitab suci Al Quran, membaca dan memahami isi dan arti setiap ayat dari Al -Qur'an yang kita baca tentu saja kita perlu mengetahui belajar tajwid tanda baca dalam surat-surat dari masing-masing ayat Al -Qur'an. Untuk pembacaan adalah sebagai alat untuk membuatnya lebih mudah, mengetahui panjang pendek , untuk mengetahui lafaz dan hukum membaca Al - Quran . Karena tajwid yang diterapkan pada usia dini , anak-anak yang mudah lupa dan sulit untuk memahami bacaan material. Tujuan dari pembuatan mempelajari aplikasi Tajwid untuk memfasilitasi anak-anak untuk memahami dan menguasai pembacaan materi.
Penulis menggunakan metode penelitian pengumpulan data , termasuk penggunaan observasi , wawancara , dan kuesioner . Metode yang digunakan adalah pengembangan dari RUP ( Process Amerika Rasional ) dan pendekatan berbasis obyek . Peralatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini menggunakan pemodelan UML Use Case Diagram meliputi , Activity Diagram , Class Diagram , Sequence Diagram , dan diagram Kolaborasi dan perangkat lunak yang digunakan oleh penulis adalah Android Development Tools ( ADT ) dan SQLite sebagai database.
Dengan penerapan pembelajaran Tajwid, anak-anak dimudahkan untuk memahami tentang materi tajwid ini dan juga memudahkan pembacaan dengan mempertimbangkan berbagai bacaan hukum dan tanda baca serta menentukan kemampuan anak dengan latihan navigasi dalam aplikasi pengajian . Aplikasi ini akan diimplementasikan pada platform Android dengan platform opensource.

Downloads

Published

2014-03-01

How to Cite

[1]
“APLIKASI PEMBELAJARAN ILMU TAJWID BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS: MADRASAH AR - RAHMAN BANDUNG)”, JATI, vol. 4, no. 1, pp. 57–74, Mar. 2014, doi: 10.34010/jati.v4i1.802.