PERANCANGAN APLIKASI ENSIKLOPEDIA ELEKTRONIK UNTUK PAUD

Mohamad Nurkamal Fauzan, Dini Hamidin

Abstract


Perkembangan kognitif, sosioemosional, kreativitas, bahasa dan komunikasi merupakan pendidikan yang sangat penting bagi usia dini. Teknologi ber-platform Android, media gamemenjadisarana bermain dan belajar bagi anak-anak usia dini. Metode yang digunakan untuk pembuatan perangkat lunak ini menggunakan metode prototyping, dan teknologi yang digunakan Android text to speech, dengan desain perangkat lunak menggunakan UML. Aplikasi ini diperuntukan anak usia dini usia 4 sampai dengan 6 tahun dengan mengambil ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Rancangan aplikasi disesuaikan dengan level awal ranah kognitif, afektif dan psikomotorik; 2) Terimplementasinya aplikasi ensiklopedia elektronik untuk PAUD yang sesuai dengan level awal ranah kognitif, afektif dan psikomotorik bagi anak usia dini 4 sampai dengan 6 tahun; 3) Terimplementasinya aplikasi yang menarik dan dapat membantu untuk mempelajari benda untuk anak usia dini umur 4 sampai dengan 6 tahun melalui aplikasi permainan mobile.

Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.