Pengukuran Usability E-Learning berbasis Moodle di Universitas Wanita Internasional menggunakan USE Questionnaire

  • M Nawawi International Women University
  • H Rubedo International Women University
Keywords: E-Learning IWU, Usability, USE Questionnaire

Abstract

Evaluasi penggunaan E-Learning International Women University sangat dibutuhkan mengingat dalam kondisi pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID 19) ini penggunaan platform ini menjadi tonggak utama keberlangsungan pembelajaran di Indonesia terutama di lingkungan Pendidikan Tinggi. Hal  ini didukung oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease 2019 (COVID 19). Penelitian ini ditujukan untuk mengukur tingkat pemahaman user serta efektivitas E-Learning International Women University sehingga dapat dihasilkan sebuah masukan yang diharapkan mampu memberikan perbaikan untuk pengembangan eleraning International Women University ke depan. Pengukuran yang akan dilakukan adalah dengan mengukur Usability user dalam menggunakan E-Learning International Women University. Usability adalah salah satu parameter penting dalam pengukuran kualitas sistem informasi dan/atau perangkat lunak. Usability mengacu pada kebergunaan, efisiensi, mudah diingat, pananganan kesalahan dan dan kepuasan user dan kepuasan user. Dari hasil pengukuran tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil pengukuran menunjukkan nilai kepuasan yang baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 5,75 dari skala 1 s.d 7. Selanjutnya pengukuran secara deskriptif menghasilkan kendala terbesar yang ditemui responden saat menggunakan E-Learning International Women University adalah masalah koneksi (29%) sedangkan untuk kelebihannya adalah mudah dipelajari yang menunjukkan prosentase tertinggi (29%). Namun ada beberapa hal yang menjadi catatan untuk dilakukan perbaikan demi peningkatan aksessibilitas E-Learning International Women University diantaranya peningkatan fasilitas dan aksesibilitas koneksi internet server, peningkatan ukuran file yang bisa diupload, penambahan fitur di E-Learning International Women University  serta mengadakan kembali sosialisasi kepada dosen agar lebih paham operasionalisasi E-Learning International Women University.

References

Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Noordin Asnawi. Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA). Journal of Computer, information system, & technology management. Vol. 1, No. 2. April 2018, Pages 17-2. Tersedia: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/RESEARCH/article/view/2451. Diakses 12 April 2021

Vivi Sahfitri, Maria Ulfa. 2015. Evaluasi Usability Sistem E-Learning Sebagai Aplikasi Pendukung Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Menggunakan Use Questionnaire. Jurnal Ilmiah MATRIK. Vol 17, No 1 (2015 Tersedia: http://jurnal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalmatrik/article/view/121. Diakses 12 April 2021

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Tersedia: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/17075/pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-dan-komunikasi-mengembangkan-profesionalitas-guru.html. Diakses 12 April 2021

Numiek Sulistyo Hanum. 2013. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning Smk Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013. Tersedia: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1584. Diakses 12 April 2021

Dedi Rianto Rahadi. 2014. Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. Palembang. Jurnal Sistem Informasi. VOL. 6, NO. 1, April 2014. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/130684-ID-none.pdf. Diakses 12 April 2021.

Edi Suhardi Rahman, Dyah Vitalocca. Analisis Usabilitas Menggunakan USE Questionnaire pada Sistem Informasi SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan. Vol.5 No.1 Februari 2018. Makassar. Tersedia: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/8220. Diakses 12 April 2021

V Wiratna Sujarweni. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Khoirida Aelani, Falahah. 2012 Pengukuran Usability Sistem Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus Aplikasi Perwalian Online STMIK AMIK Bandung). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. 15-16 Juni 2012. Yogyakarta . Tersedia: https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/2913. Diakses 12 April 2021.

Theresia Wati, Henki Bayu Seta, Ika Nurlaili Isnainiyah. Pengukuran Usability dan Evaluasi E-Learning untuk Program Pelatihan bagi Tenaga Kependidikan. Jurnal Pekommas, Vol. 2 No. 2, Oktober 2017: 177 – 184. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/222396-none-8d663952.pdf. Diakses 12 April 2021

Saniatu Nisail Jannah, Ade Sobandi, Suwatno Suwatno. 2020. The Measurement of Usability Using USE Questionnaire on the Google Classroom Application as E-learning Media (A Case study: SMK Negeri 1 Bandung). Jurnal Teknodika. Volume 18 No. 02 September 2020. Hal. 94-105. https://jurnal.uns.ac.id/Teknodika/article/view/42486. Diakses 12 April 2021

Published
2022-01-03
How to Cite
[1]
M. Nawawi and H. Rubedo, “Pengukuran Usability E-Learning berbasis Moodle di Universitas Wanita Internasional menggunakan USE Questionnaire”, JATI, vol. 12, no. 1, pp. 1-15, Jan. 2022.