Aplikasi Computer-Based Test Ujian pada SMP Negeri 6 Cimahi

  • Rizqy Dyah Utami Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Aplikasi Computer-Based Test (CBT) merupakan salah satu bagian e-learning yang dikembangkan dalam pemanfaatan teknologi dan komunikasi di bidang pendidikan. Seluruh siswa di Indonesia harus terbiasa dengan adanya sistem Computer-Based Test (CBT), akan tetapi dalam praktiknya belum banyak sekolah yang memiliki sistem CBT. Dengan adanya sistem CBT, mempermudah guru dan siswa dalam melakukan kegiatan ujian, meminimalisir kesalahan koreksi, dan mengurangi kecurangan ujian yang dilakukan siswa. Oleh karena itu, SMP Negeri 6 Cimahi membutuhkan sistem CBT untuk mengurangi permasalahan tersebut. Metode pengembangan yang akan digunakan adalah prototype, penulis melakukan observasi dan wawancara dalam pengumpulan data. Sedangkan, untuk metode pendekatan sistem menggunakan OOP (Object Oriented Programming) dengan pemodelan UML (Unified Modeling Language). Implementasi dari aplikasi Computer-Based Test (CBT) ujian, dibuat dalam modul pembuatan soal dan jawaban, pengerjaan ujian, penilaian, dan pembahasan soal.

References

[1] Leonardi Paris Hasugian, “Perencanaan Strategi Kolborasi Universitas untuk Mengoptimalkan Kerjasama U2U”, JATI, vol. 6, no. 1, 2016.
[2] Rangga Sidik dan Leonardi Paris Hasugian, “IT/IS Strategy dan E-Strategy: Kajian dalam Ruang lingkup Perusahaan”, JAMIKA, vol. 6, no. 2, 2016.
[3] A.J Romiszowski, “Designing instructional systems: Decision making in course planning and curriculum design”, Routledge, 2016.
[4] George M. Marakas dan James A. O’Brien, “Pengantar Sistem Informasi”, Edisi 16, Jakarta: Salemba Empat, 2017.
[5] Jogiyanto, “Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2005.
[6] Ditha Febriannisa dan Leonardi Paris Hasugian, “Perancangan E-Learning pada SMK Negeri 1 Bandung”, ULTIMA InfoSys, vol. 8, no. 2, pp. 62-68, 2017.
[7] J C Wibawa dan E Edah, “Aplikasi E-Learning di SMP Negeri 46 Bandung”, Sistem Informasi.
[8] Prof. Dr. Azhar Arsyad. M.A, “Media Pembelajaran”, Depok: Raja Grafindo, 2013.
[9] Mhd Arief Hasan, Supriadi, dan Zamzami. “Implementasi Algoritma Fisher-Yates untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Universitas Lancang Kuning Riau)”, Teknosi, vol. 3, no. 2, 2017.
[10] Roger S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi)” Edisi 7: Buku 1, Yogyakarta: Andi, 2012.
Published
2019-10-01
How to Cite
[1]
R. Utami, “Aplikasi Computer-Based Test Ujian pada SMP Negeri 6 Cimahi”, JATI, vol. 9, no. 2, pp. 151-160, Oct. 2019.