Evaluasi Kualitas Jaringan Undiksha Harmoni dengan Menggunakan Metode Quality of Service

  • Gede Arna Jude Saskara Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Edy Listartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Surya Dharma Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Angga Arijaya Kusuma Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Evaluasi, QoS, TIPHON, Undiksha

Abstract

Salah satu Universitas Negeri yang terletak di Bali Utara yaitu Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyediakan layanan jaringan tanpa menggunakan kabel untuk civitasnya. SSID jaringan yang terdapat di area kampus Undiksha yaitu ”Undiksha Harmoni” Jaringan komputer ketika sudah di implementasikan tentunya harus dilakukan Evaluasi kualitas layanannya agar kualitasnya tetap terjaga. Mengukur kualitas jaringan dapat menggunakan metode Quality of Servive (QoS). Sejak awal jaringan Wi-Fi di Undiksha yaitu ”Undiksha Harmoni” diimplementasikan, hingga saat ini belum pernah dievaluasi kualitas layanannya sehingga belakangan ini berdasarkan hasil observasi di lapangan dan kuisioner terhadap mahasiswa sering terjadi permasalahan seperti akses yang lambat dan tidak dapat terhubung ke jaringan. Berdasarkan permasalahan tersebut, tentunya perlu melakukan evaluasi kualitas layanan pada jaringan Wi-Fi ”Undiksha Harmoni” dengan menggunakan QoS. Terdapat 4 parameter yang menjadi tolak ukur dalam evaluasi jaringan yang menggunakan QoS yaitu: Throughput, Delay, Jitter dan Packet Loss. Parameter tersebut akan diukur di Area Undiksha pada saat jaringan sedang sibuk dan saat sepi. Hasil pengukuran tersebut akan di hitung sesuai dengan persamaan masing-masing parameter dan kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan standar penilaian parameter QoS yaitu TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Network). Berdasarkan penelitian dengan menggunakan metode action research didapatkan bahwa indeks rata–rata Throughput adalah 3,93, indeks rata-rata Delay adalah 4, indeks rata-rata Packet Loss adalah 3,8 dan indeks rata-rata Jitter adalah 3, lalu dicari nilai rata-rata dari keempat nilai tersebut maka didapatkan rata-rata yaitu 3,68 yang jika diklasifikasikan berdasarkan standar TIPHON kualitas jaringan Wi-Fi Undiksha dengan SSID ”Undiksha Harmoni” Memuaskan.

References

R. Haryunarendra, M. N. Al-Azam, and D. Rizaluddi, “Performa Jaringan Free Wireless di Taman Kota Surabaya,” Jurnal Link, vol. 26, no. 2, pp. 25–29, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/link/article/view/1694/1164

M. N. Osman and M. S. A. M. Zulrahim, “RaspyAir : Self-Monitoring System for Wireless Intrusion Detection using Raspberry Pi,” Journal of Computing Research and Innovation (JCRINN), vol. 1, no. 1, p. 13, 2016, [Online]. Available: https://jcrinn.com/index.php/jcrinn/article/view/5

G. A. J. Saskara, I. M. E. Listarta, G. S. Santyadiputra, P. B. Megawanta, and P. A. W. A. P. Giri, “Performance of Kismet Wireless Intrusion Detection System on Raspberry Pi,” 2022, doi: 10.4108/eai.27-11-2021.2315535.

D. S. K. M. Sara Ali, “A Survey on IEEE 802.11 Wireless LAN Technologies,” International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, vol. 3, no. 10, p. 20, 2015, doi: 10.15680/IJIRCCE.2015.0310130.

F. Fatoni and S. Sandra, “Evaluasi Kualitas dan Pengguna Jaringan Internet,” Jurnal Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 51–64, 2015, [Online]. Available: https://eprints.binadarma.ac.id/2840/

P. R. Utami, “Analisis Perbandingan Quality of Service Jaringan Internet Berbasis Wireless pada Layanan Internet Service Provider (ISP) Indihome dan First Media,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 25, no. 2, pp. 125–137, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i2.2723.

E. Suprapto, “User Acceptance Testing (UAT) Refreshment PBX Outlet Site BNI Kanwil Padang,” Jurnal Civronlit Unbari, vol. 6, no. 2, p. 54, 2021, doi: 10.33087/civronlit.v6i2.85.

M. Hasbi and N. R. Saputra, “Analisis Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kantor Pusat King Bukopin dengan Menggunakan Wireshark,” JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 12, no. 1, pp. 17–23, 2021, doi: https://doi.org/10.24853/justit.12.1.%25p.

M. Mahmud and Y. Aprizal, “The Penerapan QoS (Quality of Service) dalam Menganalisis Kualitas Kinerja Jaringan Komputer (Studi Kasus Hotel Maxone Palembang),” Journal of Information System Research (JOSH), vol. 3, no. 4, pp. 374–379, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1567.

ETSI, “Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks (TIPHON); General aspects of Quality of Service (QoS),” Etsi Tr 101 329 V2.1.1, vol. 1, pp. 1–37, 2020, [Online]. Available: https://www.etsi.org/deliver/etsi_tr/101300_101399/101329/02.01.01_60/tr_101329v020101p.pdf

S. Trihantoro, “Analisis Kualitas Jaringan Nirkabel Berdasarkan QoS di SMKN 1 Bantul Quality Analysis for Wireless Network Based on QoS at State Vocational,” Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, vol. 7, no. 2, pp. 20–29, 2018, [Online]. Available: https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pti/article/download/14076/pdf

I. B. A. E. M. Putra, M. S. I. D. Adnyana, and L. Jasa, “Analisis Quality of Service pada Jaringan Komputer,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 20, no. 1, p. 95, 2021, doi: 10.24843/mite.2021.v20i01.p11.

Z. M. Askari, V. Afriani, and K. M. Zakariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka, 2020.

S. Jumiati, “RABIT(Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab) Analisa Bandwidth Menggunakan Metode Antrian Per Connection Queue,” RABIT (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab), vol. 2, no. 2, 2017, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/279917-analisa-bandwidth-menggunakan-metode-ant-542312f2.pdf

H. Fahmi, “Analisis QoS (Quality of Service) Pengukuran Delay, Jitter, Packet Lost dan Throughput untuk Mendapatkan Kualitas Kerja Radio Streaming yang Baik,” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 7, no. 2, pp. 98–105, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jtik/article/view/1731/pdf

P. Silitonga and I. S. Morina, “Analisis QoS (Quality of Service) Jaringan Kampus dengan Menggunakan Microtic Routerboard (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Unika Santo Thomas S.U),” TIMES, vol. 3, no. 2, pp. 25–29, 2014, [Online]. Available: https://ejournal.stmik-time.ac.id/index.php/jurnalTIMES/article/view/24

I. Faisal and A. Fauzi, “Analisis QoS Pada Implementasi Manajemen Bandwith Menggunakan Metode Queue Tree Dan Pcq (Per Connection Queueing),” Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), vol. 1, no. 1, pp. 137–142, 2019, [Online]. Available: http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/JUTIKOMP/article/view/341/227

D. Pranata, Y. N. Kunang, and N. A. O. Saputri, “Peningkatan Keamanan Jaringan Nirkabel dengan Pendeteksi Serangan Berbasis Kismet DD-WRT,” Bina Darma Conference on Computer Science, vol. 1, no. 5, pp. 1126–1132, 2019, [Online]. Available: http://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/687

R. Pratama, J. Dedy Irawan, and M. Orisa, “Analisis Quality of Service Sistem Manajemen Bandwidth pada Jaringan Laboratorium Teknik Informatika ITN Malang,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 6, no. 1, pp. 196–204, 2022, doi: 10.36040/jati.v6i1.4557.

Anggita Nindya Wisnu Wardhana*1, Muh. Yamin2, and LM Fid Aksara3, “Analisis Quality of Service(QoS) Jaringan Internet Berbasis Wireless LAN pada Layanan Indihome,” semanTIK, vol. 3, no. 2, pp. 49–58, 2017, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.55679/semantik.v3i2.3200

Published
2024-02-21
How to Cite
[1]
G. A. Saskara, I. M. Edy Listartha, I. P. S. Dharma Putra, and K. A. Arijaya Kusuma, “Evaluasi Kualitas Jaringan Undiksha Harmoni dengan Menggunakan Metode Quality of Service”, JATI, vol. 14, no. 1, pp. 50-61, Feb. 2024.