Analisis Evaluasi Kepuasan Pengguna SteamOS Menggunakan Metode Evaluasi Heuristic

  • Gde Brahupadhya Subiksa Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Igo Wisnu Wardana Politeknik Negeri Bali
  • I Gede Angga Saputra Politeknik Negeri Bali
  • I Made Pradnyananda Kevin Arnawa Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Sagita Narayana Politeknik Negeri Bali
Keywords: Analisis, Evaluasi Heuristic, Kepuasan Pengguna, Sistem Operasi, SteamOS

Abstract

Penelitian ini membahas evaluasi kepuasan pengguna terhadap sistem operasi SteamOS dengan menggunakan metode evaluasi heuristic dengan tujuan untuk melakukan evaluasi usability sistem operasi SteamOS, yang menghasilkan persentase kepuasan pengguna sistem operasi tersebut, selanjutnya hasil kepuasan tersebut dianalisis untuk menghasilkan rekomendasi kedepan kepada developer SteamOS dan menjadi acuan pada developer sistem operasi kedepannya untuk dapat membangun dan merancang sistem yang berkualitas dari sisi usability. Pengambilan data diambil dari sampel yang diperoleh berdasarkan metode slovin mengerucut menjadi 34 responden. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan mempergunakan google form. Berdasarkan 5 variabel metode heuristic evaluation yang diujikan menghasilkan tingkat kepuasan penggunanya, pada variabel Visibilitas 79,4%, variabel Realita 73,4%, variabel Kendali User 78,4%, variabel Konsisten 80,3%, dan variabel Fleksibel & Efisiensi 80,3%, jika dianalisis secara keseluruhan maka tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem operasi SteamOS berada pada rata-rata memuaskan (puas). Sehingga dapat disimpulkan bahwa usability SteamOS dalam kualitas baik dan memuaskan bagi penggunannya. Hal ini memberikan indikasi bahwa SteamOS memenuhi harapan dan kebutuhan pengguna dalam hal visibilitas, realita, kendali pengguna, konsistensi, serta fleksibilitas dan efisiensi. Rekomendasi berdasarkan temuan ini adalah untuk terus menjaga dan meningkatkan aspek-aspek yang dinilai positif oleh responden, serta memperbaiki dan mengembangkan aspek-aspek yang masih memerlukan perhatian untuk meningkatkan pengalaman pengguna SteamOS secara keseluruhan. Sehingga Penelitian ini dapat memberikan masukan dan keterbaharuan tingkat usability sebuah sistem operasi, sehingga kedapannya bisa menjadi acuan developer sistem operasi dalam mendesain dan merancang sistem informasinya menjadi lebih berkualitas terutama dari sisi usability sistem.

References

I. J. J. Silaen, J. E. O. R. Sari, dan J. Steven, “Literature Review Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Si: Hardware, Software, Dan Database”, JIM, Vol. 1, No. 1, pp. 251-263, 2022. Available: https://greenpub.org/JIM/article/view/36/33

W. Wibisono dan F. Baskoro, “Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Model Behaviour UML.”, Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Vol. 1, No. 1, pp. 43-50, 2022. Available: http://juti.if.its.ac.id/index.php/juti/article/viewFile/95/91

F. Febriany, “Sejarah, Transformasi, Dan Konsekuensi Game Online”, Jurnal Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, Vol. 2, No. 1, pp. 50-65, 2022. Available: https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/selasar/article/view/495

A. Supriyatna, “Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework”, Pilar, Vol. 11, No. 1, pp. 43-52, 2015. Available: https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/411/361

Y. Yudha. Information Technology Business Start-Up. Elex Media komputindo, 2019.

H. M. Cikadiwa, E. Budiman, dan I. Islamiyah “Analisis Usability Dengan Menggunakan Metode Heuristic Pada Portal Akademik Mahasiswa Universitas Mulawarman”, Prosiding Sakti, Vol. 2, No. 2, pp. 43-47, 2017. Available: https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/sakti/article/view/735

I. G. A. A. D. Indrayani, I. P. A. Bayupati, dan I. M. S. Putra, “Analisis Usability Aplikasi Ibadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method”, Jurnal Ilmiah Merpati, Vol. 8, No. 2, pp. 89-100, 2020. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/59725/35785

Y. M. G. Asela, P. Ranting, dan J. Fernandes Andry, “Analisis User Interface Terhadap Website Berbasis E-Learning Dengan metode evaluasi heuristic”, Jurnal Informatika, Vol. 5, No.2, pp. 270-277, 2018, Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/3741/pdf

Dailysocial. (N.D.). “Steamos Beta Sudah Tersedia, Beberapa Hal Yang Anda Harus Tahu Sebelum Mengunduhnya”, 16-Desember-2013. Available: https://dailysocial.id/post/steamos-beta-sudah-tersedia-beberapa-hal-yang-anda-harus-tahu-sebelum-mengunduhnya

A. W. A. Wibowo, R. Utomo, dan H. S. D. Putri “Analisis Usabilitas Pada Aplikasi Mandiri Online”, Jurnal Teknik Industri, Vol. 15, No 1, pp. 11-19, 2020. Available: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/25254/16863

B. Febriadi, dan N. Nasution, “Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan”, Jurnal Inovtek Polbeng - Seri Informatika, Vol. 2, No. 1, pp. 68-72, 2017. Available: http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/isi/article/view/119/112

N.K.T. Purnama, I Made Ardwi Pradnyana, dan Ketut Agustini, “Usability Testing Menggunakan metode evaluasi heuristic Pada Aplikasi E-Musrenbang Bappeda Kabupaten Badung”, Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol. 16, No. 1, pp. 87-97, 2019. Available: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17949

Suwanti, A. Yudhana, dan Herman, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction”, Jurnal Teknologi Dan Informasi (JATI), Vol. 12, No 2, pp. 149-161, 2022 . Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jati/article/view/7581/3261

O. C. S. Putra Mediti, “Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee”, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 8, No. 4, pp. 1290–1300, 2020. Available: https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1290-1300

Taufik Hidayat, Odi Nurdiawan, dan Yudhistira Arie Wijaya. "Analisa Website Portal Informasi Sekolah Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation.", JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), Vol. 7, No. 1, pp. 740-746, 2023. Available: https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6559

H. R. K. Siahaan, F. Adnan, dan A. Andrianto, “Evaluasi User Interface Dan User Experience Pada Aplikasi Desktop E-Spt Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”, Jurnal Elektrosista , Vol. 10, No. 2, pp. 195–210, 2023. Available: https://ojs.akmil.ac.id/index.php/jurnal-elektrosista/article/view/82/78

M. L. Amirulloh, E. M. A. Jonemaro, dan T. Afirianto, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Aplikasi Mobile CAT BKD Provinsi Jawa Timur menggunakan Heuristic Evaluation & Usability Testing”, Jurnal J-PTIIK, Vol. 7, No. 4, pp. 1767–1776, 2023. Available: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12585

P. Sulistiyawati, A. Senoprabowo, dan T. Haryadi, “Usability Analysis of Trans Semarang Application through The Heuristics Evaluation Method”, Jurnal Science Tech, Vol. 9, No. 1, pp. 24–33, 2023. Available: https://doi.org/10.30738/st.vol9.no1.a13690

W. Sudiarsa, dan I G. B. Wiraditya, “Analisis Usability Pada Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Aplikasi Informasi Dan Tracking Covid-19 Dengan Heuristic Evaluation”, Journal of Information Technology and Computer Science(INTECOMS), Vol. 3, No. 1, pp. 354-364, 2020. Available: https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/INTECOM/article/view/1901/1127

A. H adinegoro, R. F. Alfa Aziza, M. F. Mufhadhal, “Analisis Pengaruh User Interface Dan User Experience Platform Online Menggunakan Metode Heuristik”, Jurnal Respati, Vol. 17, No. 2, pp. 79-84, 2022. Available: https://doi.org/10.35842/jtir.v17i2.463

Published
2023-10-24
How to Cite
[1]
G. Subiksa, I. G. I. Wardana, I. G. Saputra, I. M. P. Arnawa, and I. K. Narayana, “Analisis Evaluasi Kepuasan Pengguna SteamOS Menggunakan Metode Evaluasi Heuristic”, JATI, vol. 14, no. 1, pp. 1-10, Oct. 2023.