APLIKASI MOBILE CROCHET DESIGNER SEBAGAI PANDUAN DESAINER DALAM PEMBUATAN STRUKTUR CROCHET
DOI:
https://doi.org/10.33375/vslt.v6i2.1070Keywords:
Aplikasi Mobile, Crochet, Industri Kreatif, Media Rancang,Abstract
Industri kreatif di Bandung berkembang seiring dengan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang memfasilitasi pengusaha dalam menjual produk mereka. Industri rumah tangga yang memproduksi produk crochet merupakan salah satu industri potensial karena proses produksinya melibatkan banyak sumber daya manusia yang membuka banyak kesempatan kerja. Teknik crochet sebagai salah satu teknik tekstil struktural dalam desain fashion adalah salah satu teknik yang paling sederhana yang hanya membutuhkan jarum crochet dan benang sebagai bahan baku. Namun dalam proses produksinya, desainer masih membutuhkan buku panduan pola yang sudah ada. Mereka tidak bisa merancang pola sendiri atau menghitung berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk rajutan agar tidak menyebabkan tumpukan sisa benang yang tidak terpakai. Seiring dengan berkembangnya aplikasi digital dan meluasnya peran gadget dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat urban menjadi lebih terbiasa menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi mobile yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk menganalisis peran aplikasi Crochet Designer sebagai media rancang visual dan penghitung sederhana untuk membantu desainer membuat pola crochet-nya sendiri dan menghitung banyaknya benang yang dibutuhkan.
Downloads
References
Birrell, V. 1974. The Textile Arts: A Handbook of Weaving, Braiding, Printing, and Other Textile Techniques. New York: Schocken Books.
Howkins, J. 2007. The Creative Economy: How People Make Money from Ideas (second edition). London: Penguin Books.
Marks, R. 1997. History of Crochet, an article published on Crochet Guild of America.
Meadows, T. 2012. Memulai dan Menjalankan Sebuah Label Fashion. Jakarta: PT. Gaya Favorit Press.
Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Salemba Empat.
_______,Artikel Online: https://itunes.apple.com/us/app/crochet-designer/id863895686?mt=8 (Diakses 15 April 2014).
_______. ( 2011). Inacraft 13 Jakarta. Artikel Online:
http://nekatun.blogspot.com/2011/04/13th-inacraft-jakarta-20-24-april-2011.html (Diakses 13 April 2014).
_______. Kenapa Bandung Klaim jadi Kota Kreatif. Artikel Online: http://economy.okezone.com/read/2014/04/27/320/976444/kenapa-bandung-klaim-jadi-kota-kreatif (diakses 27 April 2014.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Visualita agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive public distribution and display of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors wishing to include items (such as images or other media, or any creative works of others whether previously published or not) must contact the original copyright holder to obtain explicit permission to publish these items in Visualital. Writing permission should include: the title(s) of any copyrighted work, original place of publication if applicable, and an acknowledgement of having read Visualita copyright notice. Authors are responsible for obtaining this permission and keeping it in their own records for later verification.