APLIKASI MOBILE CROCHET DESIGNER SEBAGAI PANDUAN DESAINER DALAM PEMBUATAN STRUKTUR CROCHET

  • Rahmawati Yayu Ningsih

Abstract

Industri kreatif di Bandung berkembang seiring dengan dengan perkembangan teknologi komunikasi yang memfasilitasi pengusaha dalam menjual produk mereka. Industri rumah tangga yang memproduksi produk crochet merupakan salah satu industri potensial karena proses produksinya melibatkan banyak sumber daya manusia yang membuka banyak kesempatan kerja. Teknik crochet sebagai salah satu teknik tekstil struktural dalam desain fashion adalah salah satu teknik yang paling sederhana yang hanya membutuhkan jarum crochet dan benang sebagai bahan baku. Namun dalam proses produksinya, desainer masih membutuhkan buku panduan pola yang sudah ada. Mereka tidak bisa merancang pola sendiri atau menghitung berapa banyak bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk rajutan agar tidak menyebabkan tumpukan sisa benang yang tidak terpakai. Seiring dengan berkembangnya aplikasi digital dan meluasnya peran gadget dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat urban menjadi lebih terbiasa menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi mobile yang dapat memudahkan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan utama dari penulisan ini adalah untuk menganalisis peran aplikasi Crochet Designer sebagai media rancang visual dan penghitung sederhana untuk membantu desainer membuat pola crochet-nya sendiri dan menghitung banyaknya benang yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Birrell, V. 1974. The Textile Arts: A Handbook of Weaving, Braiding, Printing, and Other Textile Techniques. New York: Schocken Books.

Howkins, J. 2007. The Creative Economy: How People Make Money from Ideas (second edition). London: Penguin Books.

Marks, R. 1997. History of Crochet, an article published on Crochet Guild of America.

Meadows, T. 2012. Memulai dan Menjalankan Sebuah Label Fashion. Jakarta: PT. Gaya Favorit Press.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Salemba Empat.

_______,Artikel Online: https://itunes.apple.com/us/app/crochet-designer/id863895686?mt=8 (Diakses 15 April 2014).

_______. ( 2011). Inacraft 13 Jakarta. Artikel Online:

http://nekatun.blogspot.com/2011/04/13th-inacraft-jakarta-20-24-april-2011.html (Diakses 13 April 2014).

_______. Kenapa Bandung Klaim jadi Kota Kreatif. Artikel Online: http://economy.okezone.com/read/2014/04/27/320/976444/kenapa-bandung-klaim-jadi-kota-kreatif (diakses 27 April 2014.

Published
2018-02-02
How to Cite
[1]
R. Ningsih, “APLIKASI MOBILE CROCHET DESIGNER SEBAGAI PANDUAN DESAINER DALAM PEMBUATAN STRUKTUR CROCHET”, Visualita, vol. 6, no. 2, Feb. 2018.
Section
Articles