Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap media DoTa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media ini berisi teks bacaan yang ada pada buku Minna no Nihongo Shokyuu II yang dipakai sebagai buku acuan pembelajaran Dokkai mahasiswa tingkat dua tahun akademik 2019/2020 di Program Studi Sastra Jepang Universitas Komputer Indonesia dengan menambahkan beberapa fitur sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi media yang membantu dan mempermudah dalam pengajaran Shokyuu Dokkai serta menjadi alternatif dalam pembelajaran Dokkai. Pembuatan media interaktif DoTa menggunakan Corel Draw 2019 sebagai software pendukung dalam pembuatan desain, dan Adobe Flash CS6 sebagai software dalam memproses seluruh desain dan gagasan sehingga menjadi sebuah media interaktif. Temuan pada penelitian menunjukkan bahwa responden setuju dengan keseluruhan pertanyaan yang terdapat pada kuesioner terkait tanggapan media interaktif DoTa sebagai media pembelajaran dokkai.