Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembuatan dan hasil responden terhadap media Katagana sebagai media alternatif pembelajaran bahasa Jepang di SMA Kartika XIX-1. Media katagana dibuat menggunakan software Adobe Flash Professional CS6 dengan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript 2. Materi yang terdapat pada media katagana berasal  dari buku Sakura Vol2  yang digunakan sebagai buku pembelajaran mata pelajaran bahasa Jepang kelas XI di SMA Kartika XIX-1. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (Anlysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari tanggapan responden yang didapat berdasarkan kuesioner yang disebar kepada 20 orang siswa kelas XI SMA Kartika XIX-1. Berdasarkan perhitungan kuesioner, didapatkan hasil sebesar 75,1% setuju bahwa media alternatif Katagana dapat membantu pembelajaran bahasa Jepang di SMA Kartika XIX-1. Hasil dari penelitian diharapkan dapat meningkatkan minat serta motivasi siswa dalam mempelajari bahasa Jepang agar lebih efektif dan efisien.