Sistem Penentuan Jenis Promosi Berdasarkan Tingkat Loyalitas Pelanggan di CV. XYZ
Main Article Content
Abstract
CV. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kain. Pelanggan dari perusahaan saat ini sekitar 372 pelanggan, dimana 81% atau sekitar 301 pelanggan hanya melakukan transaksi kurang dari 10 kali dan 19% atau sekitar 71 pelanggan yang melakukan transaksi lebih dari 10 kali, hal ini menunjukkan tingkat loyalitas pelanggan yang rendah terhadap perusahaan. Pemilik perusahaan saat ini kesulitan dalam menentukan jenis promosi yang akan diberikan kepada masing-masing pelanggan berdasarkan tingkat loyalitas. Metode yang digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan adalah metode Recency, Frequency, dan Monetary (RFM) dan penyampaian promosi kepada pelanggan menggunakan Whatsapp API Gateway Services. Hasil dari metode RFM ini dapat memudahkan pemilik perusahaan dalam menentukan jenis promosi yang akan diberikan ke masing-masing pelanggan serta penyampaian promosinya dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Dari 24 pelanggan yang dijadikan data sample menunjukan kelompok Most Valuable Customer sebanyak 4 pelanggan, kelompok Most Growable Customer sebanyak 15 pelanggan, kelompok Migrator sebanyak 5 pelanggan dan kelompok Below Zeros sebanyak 0 pelanggan.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Z. Z. Noor, Manajemen Pemasaran Stratejik Dilengkapi Dengan Kasus-Kasus Dalam Bidang Bisnis Dan Sektor Publik Tahun 2016, Yogyakarta: Deepublish, 2021, p. 69.
T. A. Larasati, A. Pradiptya dan M. Mawardani, “PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN,” SOLUSI : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, vol. 20, no. 4, pp. 397 - 402, 2022.
R. Lubis, H. Irmayanti, dan S. Nurhayati, "Pemanfaatan Digital Marketing dalam Penjualan Macrame Handycraft Bagi Ibu Rumah Tangga RT 01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung", PETIK: Jurnal Pengabdian Teknik dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 2, pp.73-79, 2022
L. A. Sentoso, C. Valentina, M. A. Lim, J. dan A. Aurellia, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi UMKM Legenda Photo di Kota Batam,” Ebismen, vol. 2, no. 1, pp. 281-295, 2023.
S. Nurhayati, H. Irmayanti, dan R.Lubis,"Optimalisasi Pengunaan Facebook dalam Promosi Produk Macrame Handycraft bagi Ibu Rumah Tangga RT 01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung", PETIK: Jurnal Pengabdian Teknik dan Ilmu Komputer, vol.2.No.1, pp.26-32, 2022.
D. R. Silalahi, D. Lie, M. Butarbutar dan E. , “Pengagruh Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen,” SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, vol. 1, no. 1, pp. 9-16, 2013.
A. J. Christy, A. Umamakeswari, L. Priyatharsini dan A. Neyaa, “RFM ranking – An effective approach to customer segmentation,” Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, vol. 33, no. 10, pp. 1251-1257, 2021.
P. A. Wicaksana, I. B. A. Swamardika dan R. S. Hartati, “Literature Review Analisis Perilaku Pelanggan,” Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, vol. 21, no. 1, pp. 21-30, 2022.
J. Wei, S. Lin dan H. Wu, “A Review of the application of RFM model,” African J. Bus. Manag., vol. 4, no. 19, pp. 4199-4206, 2010.
D. Poedjieastutie, A Closer Look of Qualitative Research, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2021, p. 65.
M. Warsela, A. D. Wahyudi dan A. Sulistiyawati, “Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: PT. FIF GROUP),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 78-87, 2021.
P. Prasetya, R. Lubis, "Pembangunan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) PT. Farhan Surya Indah", JUPITER: Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer, vil. 1, No. 1, pp. 20-26, 2021.
A. Sunandar, R. Lubis, " Penerapan Cross Selling Pada Sistem Customer Relationship Management Penjualan Buku, KOMPUTA: Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vil.7, no.2, pp 69-76, 2018.
N. W. Rahadi dan C. Vikasari, “Pengujian Software Aplikasi Perawatan Barang Milik NegaraMenggunakan Metode Black Box Testing Equivalence Partitions,” Informatika Elekronika Mesin, vol. 11, no. 1, pp. 57-61, Januari 2020.
M.A. Rahman, R. Lubis, "Sistem Informasi Kualitas Layanan Laundry di UMKM Baby Dear Karawang", JUPITER: Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer, vol.2, no.2, pp. 93-101, 2022