Abstract

       CV. XYZ adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan kain. Pelanggan dari perusahaan saat ini sekitar 372 pelanggan, dimana 81%  atau sekitar 301 pelanggan hanya melakukan transaksi kurang dari 10 kali dan 19% atau sekitar 71 pelanggan yang melakukan transaksi lebih dari 10 kali, hal ini menunjukkan tingkat loyalitas pelanggan yang rendah terhadap perusahaan. Pemilik perusahaan saat ini kesulitan dalam menentukan jenis promosi yang akan diberikan kepada masing-masing pelanggan berdasarkan tingkat loyalitas. Metode yang digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan adalah metode Recency, Frequency, dan Monetary (RFM) dan penyampaian promosi kepada pelanggan menggunakan Whatsapp API Gateway Services. Hasil dari metode RFM ini dapat memudahkan pemilik perusahaan dalam menentukan jenis promosi yang akan diberikan ke masing-masing pelanggan serta penyampaian promosinya dalam upaya meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan. Dari 24 pelanggan yang dijadikan data sample menunjukan kelompok Most Valuable Customer sebanyak 4 pelanggan, kelompok Most Growable Customer sebanyak 15 pelanggan, kelompok Migrator sebanyak 5 pelanggan dan kelompok Below Zeros sebanyak 0 pelanggan.