Peer Review Process

 

Kami berkomitmen untuk segera mengevaluasi dan mempublikasikan artikel yang dikirimkan ke KOMPUTA (p-ISSN: 2089-9033e-ISSN: 2715-7849). Untuk mempertahankan publikasi yang berkualitas, semua artikel menjalani proses peninjauan yang ketat.

Diawali dengan evaluasi artikel yang terdiri dari 2 tahap peninjauan, yaitu pra-peninjauan dan peninjauan substansi. Pra-peninjauan artikel dilakukan oleh tim editorial untuk meninjau kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta template jurnal yang berkaitan dengan pedoman penulisan jurnal. Artikel diluar ruang lingkup dan atau template jurnal tidak akan dipertimbangkan untuk ditinjau lebih lanjut. Kemudian akan ada pemeriksaan plagiarisme yang dilakukan menggunakan perangkat lunak Turnitin. Hal ini menyatakan bahwa kami tidak mentoleransi plagiarisme. Durasi pra-peninjauan dilakukan antara 1-2 minggu.

Selanjutnya masuk pada peninjauan substansi. Dimana editorial board akan menentukan reviewer sebuah artikel. Baik editorial board dan reviewer yang terlibat dalam peninjauan substansi harus mengungkapkan bahwa tidak ada konflik kepentingan yang menghalangi evaluasi objektif. Ulasan double blind yang substansial dilakukan oleh seorang reviewer. Baik identitas reviewer maupun penulis tidak akan diungkapkan pada satu sama lain. Hal ini dilakukan untuk mencegah penilaian yang bias. Editorial board memiliki opsi untuk meminta peninjauan kembali setelah penulis merevisi artikelnya dan hal tersebut akan diberitahukan kepada penulis. Untuk peninjauan substansi dilakukan dalam durasi 1-4 minggu.

Keputusan apakah artikel dapat diterbitkan, diotorisasi oleh pemimpin redaksi dengan mempertimbangkan rekomendasi dari reviewer. Artikel yang telah diterima dan telah disesuaikan dengan tata letak akan diterbitkan dalam Future Issue sebelum Current Issue diterbitkan sesuai jadwal, sehingga untuk selanjutnya dapat digunakan untuk di indeks dan di sitasi sesegera mungkin.

Catatan:
Perlu ditegaskan kepada penulis bahwa jika penulis ingin menarik kembali artikelnya yang sudah masuk ke tahap peninjauan (pra-peninjauan dan peninjauan substansi) maka penulis akan dikenakan penalti yang dapat di baca pada halaman https://ojs.unikom.ac.id/index.php/komputa/AuthorFees.