IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY PADA PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SIMULASI CISCO PACKET TRACER TERHADAP GAIRAH BELAJAR MAHASISWA

Main Article Content

Mochamad Adhari Adiguna
Bambang Wisnu Widagdo

Abstract

Pembelajaran mata kuliah praktikum jaringan komputer pada umumnya menggunakan beberapa aplikasi simulasi dan emulator, salah satunya adalah cisco packet tracer. Pada hakikatnya pembelajaran adalah kegiatan mental yang tidak dapat dilihat. Namun, dapat terlihat hanya dari gejala perubahan yang tampak dari mahasiswa. Tercapainya tujuan pembelajaran diartikan mahasiswa menjadi bergairah terhadap mata kuliah praktikum jaringan komputer, oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi untuk menghitung ketercapaian gairah mahasiswa terhadap pembelajaran jaringan komputer. Pada artikel ini, kami melakukan penerapan logika Fuzzy pada data hasil survey ketercapaian gairah mahasiswa terhadap aplikasi cisco packet tracer dalam pembelajaran jaringan komputer. Kriteria penilaian menggunakan input 4 variabel yang didapat dari testimoni dan gairah. Latar belakang dari implementasi yaitu dibutuhkan pengetahuan dari hasil yang didapat dari perhitungan logika Fuzzy pada penilaian pengaruh penggunaan aplikasi simulasi Cisco Packet Tracer terhadap gairah belajar mahasiswa. Implementasinya kami menggunakan 81 rules sebagai komposisi aturan, himpunan Fuzzy yang semestanya 5 serta aplikasi fungsi implikasi dengan satu kondisi nilai yang selanjutnya akan dihitung dengan penalaran dan defuzzifikasi. Logika Fuzzy yang digunakan pada implementasi ini yaitu Fuzzy mamdani. Hasil akhir dari pengujian dan implementasi yang telah dilakukan  bahwa aplikasi cisco packet tracer berpengaruh pada gairah belajar sebesar 78,6%, pengujian dari implementasi pada aplikasi menunjukan 100% berjalan dengan baik, namun ada perbedaan nilai antara penalaran dan pengujian, penalaran lebih besar 0,12 dari pengujian.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY PADA PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI SIMULASI CISCO PACKET TRACER TERHADAP GAIRAH BELAJAR MAHASISWA. (2023). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(1), 19-28. https://doi.org/10.34010/komputa.v12i1.9109

References

L. D. Samsuar and M. Subli, “Penggunaan Aplikasi Cisco Untuk Desain, Simulasi, Dan Pemodelan Jaringan Komputer,” J. Explor. STMIK Mataram, vol. 9, no. 1, pp. 24–30, 2019.

R. Fauzi, A. Zainy Nasution, and N. H. . Nur, “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CISCO PACKET TRACER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ PADA MATA PELAJARAN JARINGAN BERBASIS LUAS (WAN) DI SMK NEGERI 1 SIPIROK Oleh,” Vinertek, vol. 1, no. 3, pp. 1–7, 2021.

L. Hakim and R. S. Razaqi, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cisco Packet Tracer Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj1 Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Di Smk Negeri 1 Kendit Situbondo,” Edusaintek J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 39–53, 2020, doi: 10.47668/edusaintek.v6i2.35.

I. Setiawan Wibisono and S. Mujiyono, “Pelatihan Penggunaan Software Simulasi Jaringan Packet Tracer Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Smk Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan,” J. Prodi Tek. Inform. UNW "Multimatrix, vol. II, no. 2, pp. 46–49, 2020.

S. N. Rizki, “Fuzzy logic memprediksi tingkat kecelakaan kerja pada PT.Galang Kapal di kota Batam,” Digit. Zo. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 2, pp. 151–161, 2018, doi: 10.31849/digitalzone.v9i2.1980.

D. Purnawan, “sebesar 7,160 dan nilai T,” vol. 3, pp. 21–31, 2018.

R. Gustia and D. Susanti, “Pengaruh Adversity Quotient Dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Sman 4 Bukittinggi,” J. Ecogen, vol. 1, no. 2, p. 251, 2018, doi: 10.24036/jmpe.v1i2.4744.

I. Noervadila and A. Meiliana, “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Demokratis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vii Smpn 1 Situbondo,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 7, no. 1, p. 17, 2019, doi: 10.36841/pgsdunars.v7i1.406.

W. Listiani and R. Rachmawati, “Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 03, pp. 397–402, 2022, doi: 10.57008/jjp.v2i03.266.

D. Yunita and A. Wijayanti, “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa,” SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 3, no. 2, pp. 153–160, 2017, doi: 10.30738/sosio.v3i2.1614.

H. F. Siregar and I. Parinduri, “Protoype Gerbang Logika ( and, or, Not, Nand, Nor ) Pada Laboratorium Elektronika Stmik Royal Kisaran,” J. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, p. 37, 2017, doi: 10.36294/jurti.v1i1.41.

D. Asha, M. B. Ulum, and Y. A. Rozali, “Implementasi Metode Fuzzy Logic Pada Sistem Pakar Pendeteksi Kecerdasan Anak,” J. Komputasi, vol. 9, no. 2, 2021.

H. Sutisna and N. C. Basjaruddin, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pekerjaan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani Studi Kasus: Amik Bsi Tasikmalaya,” J. Inform., vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.31311/ji.v2i2.109.

I. Bennia, A. Harrag, Y. Daili, A. Bouzid, and J. M. Guerrero, “Decentralized secondary control for frequency regulation based on fuzzy logic control in islanded microgrid,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 29, no. 1, p. 85, 2022, doi: 10.11591/ijeecs.v29.i1.pp85-100.

F. N. Zohedi, M. S. M. Aras, H. A. Kasdirin, and N. B. Nordin, “New lambda tuning approach of single input fuzzy logic using gradient descent algorithm and particle swarm optimization,” Indones. J. Electr. Eng. Comput. Sci., vol. 25, no. 3, pp. 1344–1355, 2022, doi: 10.11591/ijeecs.v25.i3.pp1344-1355.

S. Nurhayati and I. Immanudin, “Penerapan Logika Fuzzy Mamdani Untuk Prediksi Pengadaan Peralatan Rumah Tangga Rumah Sakit,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 81–87, 2019, doi: 10.34010/komputika.v8i2.2254.

A. M. Putra, T. Rismawan, and B. Syamsul, “Implementasi Metode Tsukamoto Pada Sistem,” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 09, no. 01, pp. 1–9, 2021.

S. R. Kusuma, R. S. Hartati, and I. W. Sukerayasa, “Metode Fuzzy Logic Terhadap Hasil Peramalan Beban Listrik Jangka Panjang,” J. SPEKTRUM, vol. 7, no. 1, pp. 18–24, 2020.