Abstract

Pembelajaran mata kuliah praktikum jaringan komputer pada umumnya menggunakan beberapa aplikasi simulasi dan emulator, salah satunya adalah cisco packet tracer. Pada hakikatnya pembelajaran adalah kegiatan mental yang tidak dapat dilihat. Namun, dapat terlihat hanya dari gejala perubahan yang tampak dari mahasiswa. Tercapainya tujuan pembelajaran diartikan mahasiswa menjadi bergairah terhadap mata kuliah praktikum jaringan komputer, oleh karena itu dibutuhkan suatu aplikasi untuk menghitung ketercapaian gairah mahasiswa terhadap pembelajaran jaringan komputer. Pada artikel ini, kami melakukan penerapan logika Fuzzy pada data hasil survey ketercapaian gairah mahasiswa terhadap aplikasi cisco packet tracer dalam pembelajaran jaringan komputer. Kriteria penilaian menggunakan input 4 variabel yang didapat dari testimoni dan gairah. Latar belakang dari implementasi yaitu dibutuhkan pengetahuan dari hasil yang didapat dari perhitungan logika Fuzzy pada penilaian pengaruh penggunaan aplikasi simulasi Cisco Packet Tracer terhadap gairah belajar mahasiswa. Implementasinya kami menggunakan 81 rules sebagai komposisi aturan, himpunan Fuzzy yang semestanya 5 serta aplikasi fungsi implikasi dengan satu kondisi nilai yang selanjutnya akan dihitung dengan penalaran dan defuzzifikasi. Logika Fuzzy yang digunakan pada implementasi ini yaitu Fuzzy mamdani. Hasil akhir dari pengujian dan implementasi yang telah dilakukan  bahwa aplikasi cisco packet tracer berpengaruh pada gairah belajar sebesar 78,6%, pengujian dari implementasi pada aplikasi menunjukan 100% berjalan dengan baik, namun ada perbedaan nilai antara penalaran dan pengujian, penalaran lebih besar 0,12 dari pengujian.