SISTEM EVALUASI PENYELENGGARAAN PELATIHAN MENGGUNAKAN SERVQUAL
Main Article Content
Abstract
Suatu perusahaan biasanya mengadakan pelatihan
untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi
para pegawainya. Setiap Pelatihan yang telah
diselenggarakan menghasilkan penilaian yang pada
akhirnya akan dievaluasi untuk memutuskan apakah
kegiatan pelatihan akan dilanjutkan atau tidak, atau
bagaimana mengembangkan kegiatan pelatihan di
masa yang akan datang.
Sistem evaluasi penyelenggaraan pelatihan memiliki
banyak model dan metode yang digunakan, salah
satunya penilaian kualitas pelatihan berdasarkan
metode Service Quality (ServQual). Metode
ServQual merupakan suatu metode yang
menganalisis kualitas suatu pelayanan berdasarkan
lima dimensi yaitu bukti langsung, keandalan, daya
tanggap, jaminan dan empati.
Berdasarkan hasil pengujian, maka dapat diperoleh
kesimpulan sistem yang dibangun dapat membantu
pihak penyelenggara pelatihan dalam membuat
langkah-langkah perbaikan dan penentuan keputusan
kegiatan pelatihan yang diperlukan, dan membantu
merencanakan kegiatan pelatihan selanjutnya.
Kata kunci : Sistem, Evaluasi, Penilaian, Pelatihan,
ServQual.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).