PENERAPAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) UNTUK MENGANALISIS KUALITAS APLIKASI TOKOPEDIA BERDASARKAN KEPUASAN PELANGGAN
Main Article Content
Abstract
Tokopedia is an e-commerce that has 158 million visitors per month and is one of the most visited e-commerce. As an e-commerce site with the most visitors, Tokopedia should provide good service so that after making a transaction customers feel satisfied and in the future will use the same application to shop. Through the quality of products and services offered, the quality of services has a strong relationship with the company's profits. Customer satisfaction depends on the standards and quality of the company. Along with the rapid development of e-commerce, companies are competing to create new features for the convenience of customers when shopping and to be able to excel in competing with other e-commerce. Therefore, the use of the Importance Performance Analysis (IPA) method is expected to be a method to analyze customer satisfaction in order to improve the quality of products and services on the Tokopedia application. From the use of the IPA method, it can be seen that the Tokopedia application obtained a conformity level value of 98.7% where the value was <100% and from the gap analysis the result was negative, namely -0.06 where the value was considered not in accordance with user expectations so that based on the values of the attributes that are the assessment criteria, it can be considered to improve its performance.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
H. Tannady, “Mengkaji Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan E-Commerce Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis 3 Dimensi,” J. Bus. Appl. Manag., vol. 11, no. 2, pp. 116–135, 2018.
R. D. Shofi and A. D. Indriyanti, “Evaluasi Kualitas Website Tokopedia Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. E-ISSN 2774-3993, 2022.
S. Y. Y. Darno, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Tokopedia Di Jakarta Timur,” vol. 2, no. 3, pp. 176–187, 2022.
A. Nurrahmah et al., Pengantar Statistika I. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
“Peta E-Commerce Indonesia,” iPrice.co.id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (accessed Dec. 20, 2022).
H. A. Mumtaha and H. A. Khoiri, “Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce),” J. PILAR Teknol. J. Ilm. Ilmu Ilmu Tek., vol. 4, no. 2, pp. 55–60, 2019, doi: 10.33319/piltek.v4i2.39.
2021 Hasna & Nuryana, “Analisis Kualitas Layanan Website Sociolla terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA),” Jeisbi, vol. 02, no. 04, p. 2021, 2021.
E. Yulianti and T. Umbara, “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Importance Performance Analysis (Studi Kasus : JNE Jhoni Anwar Kota Padang),” J. TERKNOIF, vol. 8, no. 2, pp. 78–86, 2020, doi: 10.21063/jtif.2020.v8.2.78-86.
I. Sundari and E. L. Hadisaputro, “Implementasi Servqual dan Importance Performance Analysis Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Shopee Indonesia,” J. Sos. Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 330–341, 2022, doi: 10.36418/jurnalsostech.v2i4.323.
N. A. Ghaisani, A. D. Herlambang, and A. Rachmadi, “Evaluasi Kualitas Marketplace PT . Metraplasa (Blanja.com) Berdasarkan Performance Analysis (IPA),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6032–6040, 2018.
C. Budihartanti, S. Rusiyati, and M. Badrul, “Analisa Kualitas Website BPJS Kesehatan Dengan Metode Webqual dan Importance-Performance Analysis,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 4, no. 2502, pp. I58–I62, 2019, doi: 10.22236/teknoka.v4i0.4186.
R. Nugraha, H. Ambar, and H. Adianto, “Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel ‘X’ Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang),” J. Online Inst. Teknol. Nas., vol. 1, no. 3, pp. 221–231, 2014.
G. A. Immanuel and R. Setiawan, “Implementasi Metode Importance Performance Analysisuntuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Akademik,” KURAWAL J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 3, no. 2, pp. 181–190, 2020.
F. R. Wilujeng and R. Kusumo, “Analisis Kepuasan Tenaga Kerja Outsourcing terhadap Pelayanan Perusahaan dengan Metode Importance-Performance Analysis (IPA),” JIEMS (Journal Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 11, no. 2, pp. 64–69, 2018, doi: 10.30813/jiems.v11i2.1182.
P. Zahra and F. H. Hanifa, “Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (ipa) Studi Pada Pengunjung Plasa Telkom Putri Hijau Medan Tahun 2021,” eProceedings Appl. Sci., vol. 7, no. 4, pp. 567–575, 2021, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/15254%0Ahttps://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/15254/14977.
R. Magdalena, A. Cakramihardja, A. Z. Agathon, R. F. Salim, and F. J. Wong, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dengan Indeks Kepuasan Metode Ipa ( Importance-Performance Analysis ),” J. Semin. Nas. Teknol. Fak. Tek. Univ. Krisnadwipayana, pp. 271–278, 2019.