PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X DI SMAN 1 IV KOTO

Main Article Content

Elga Fameska
Liza Efriyanti
Enny Refnita

Abstract

Penelitianaini merupakan Perancangan media pembelajaran menggunakan canva dilakukan dalam memecahkan permasalahan dalam pembelajaran siswa tentang TIK. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan pembuatan materi pembelajaran menggunakan Canva di Kelas X IT melalui uji validasi dengan guru mata pelajaran (2) Mengetahui kelayakan pembuatan materi pembelajaran untuk mengetahui penerapan penerapan materi pembelajaran berbasis Canva media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar TI. Jenis penelitian yangaadigunakanaapenulis adalahapenelitian dan pengembanganaatauaaResearch and Developmenta(R&D)ayang sering digunakan dalam mengembagkan dan menciptakan suatu produk, dengan model pengembanganaa4D (define, design, develop, deploy). Alat penelitian yang digunakan adalah angket validitas dan angket kepraktisan. Berdasarkan hasil tes konfirmasi, praktikalitas dan efektifitas didapatkan penilaian yaitu kategori sangat valid dan disimpulkan media ini sangat layakadigunakan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 IV Koto di kelas 10 pada mata pelajaran TIK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pembelajaranadengan menggunakan aplikasi Canva layak digunakan sebagai bahan pembelajaran.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS X DI SMAN 1 IV KOTO. (2023). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 12(1), 65-72. https://doi.org/10.34010/komputa.v12i1.8793

References

[1] M. P. I. Dr. Ahdar, S. Ag, S. Sos, Ilmu Pendidikan, 1st ed.0

A.Suriansyah,“Landasanpendidikan,2011,[Online].Available:http://idr.uinantasari.ac.id/6633/1/BukuLandasanPendidikan.pdf

Asmawi, Syafei, and M. Yamin, 2019, “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, pp. 50–55.

T. Tafonao, 2018, “Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa”, J. Komun. Pendidik, vol. 2, 2, hal. 103, 2018.

M. Arief and F. Ashar, 2021, “Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storylane Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Di Smk N 1 Padang,” J. Appl. Sci. Civ. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 148–154, [Online]. Available http://asce.ppj.unp.ac.id/ index.php/ASCE/article/view/126

S. Lestari, 2018, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

K. Fendi, 2018, “Perkembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar,” Vol. IX, no. 1, p. 1, 2019, [Online]. Available: https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/184

Tejo Nurseto, “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” doi: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706.

M. N. Alkodri, “Pengembanganmediapembelajaran Berbasis Android Dengan App Inventor Padamatakuliah Bahasa Pemrograman,” Seminar Nasional. 2017 Jambore Konseling 3, vol. 07, no. 02, doi: 10.1007/XXXXXX-XX-0000-00.

Washington, “Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomngton. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE).

M. Haviz, “Research and Development: Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif dan Bermakna,” Ta’dib, vol. 16, no. 1, pp. 28–43.

D. Kurniawan et al., 2017, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencas- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan,” J. Siliwangi, vol. 3, no. 1.

A. L. R, “Three coeffcients for analysing Reliability and Validity of rating.,” Educ. Psychol. Meas., vol. 45, pp. 131–142, doi: 10.1177/07399863870092005.

Riduwan, 2013, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan Dan Peneliti Pemula, 9th Ed. Bandung: Alfabeta, 2013.

R. Sagita, F. Azra, and M. Azhar, 2018, “Pengembangan Modul Konsep Mol Berbasis Inkuri Terstruktur Dengan Penekanan Pada Interkoneksi Tiga Level Representasi Kimia Untuk Kelas X Sma,” J. Eksakta Pendidik., vol. 1, no. 2, p. 25, 2018, doi: 10.24036/jep.v1i2.48