GAME EDUKASI PENYAKIT MALARIA DAN CARA PENCEGAHANNYA
Main Article Content
Abstract
Malaria merupakan salah satu masalah utama
kesehatan masyarakat di Indonesia. Diperkirakan
terdapat 15000000 kasus klinis di setiap tahunnya.
Beberapa program telah dilakukan oleh pemerintah,
di antaranya: memberikan kelambu, brosur, pamflet,
penyuluhan, dan penyemprotan DDT (Dichloro
Diphenyl Trichloroethane). Brosur, pamflet dan
penyuluhan sebagai sarana edukasi dan pengetahuan
malaria kurang begitu efisien karena jangkauan yang
tidak tercapai, kurangnya jumlah tenaga penyuluhan,
dan masyarakat kurang begitu tertarik membaca
brosur khususnya anak-anak. Berdasarkan
narasumber yang ada pamflet dan penyuluhan
malaria saat ini hanya terdapat pada daerah endemis
malaria saja.
Pendidikan berkaitan dengan penyakit malaria
dan cara pencegahannya tentunya sangat dibutuhkan
masyarakat. Secara khusus bagi anak-anak,
pengemasan media pendidikan dalam bentuk game
yang mudah digunakan, menarik, dan
menyenangkan sangat diharapkan.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).