PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN POLA PENJUALAN PRODUK YANG DIMINATI PADA TOKO DK MANDIRI
Main Article Content
Abstract
A sales transaction is a transaction between a seller and a buyer in a business followed by the process of delivering a product in the form of goods or services. In the business world, the sales process is the key to success for a business person. Because the existing data will accumulate every time there is a transaction so that the existing data has not been used properly by decision makers. This study aims to provide a report on research results regarding the application of the a priori algorithm to determine the sales pattern of interest. This research is supported by a software development methodology called the Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall method. In the process carried out in the implementation of this software there are several steps such as problem determination, identification and resolution of risks, development and testing. Each step at this stage is used to map the existing problems until the formation of an application as needed. As a result of this research is an application based on an a priori algorithm consisting of Itemset selection and association rules. The output of this software is used for reference data on stock of goods as well as optimizing the calculation of sales pattern analysis of products of interest.
Keywords: Sales Transaction, Apriori Algorithm, Association Rules, Waterfall
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
[2] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
[3] V. N. Budiyasari, P. Studi, T. Informatika, F. Teknik, U. Nusantara, and P. Kediri, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan kacamata Dengan Menggunakan Algoritma Apriori,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 31–39, 2017.
[4] P. N. Harahap, “Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus PT. Arma Anugerah Abadi Cabang Sei Rampah),” Matics, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/saintek/article/view/7821
[5] S. Saefudin and S. DN, “Penerapan Data Mining Dengan Metode Algoritma Apriori Untuk Menentukan Pola Pembelian Ikan,” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, p. 36, 2019, doi: 10.30656/jsii.v6i2.1587.
[6] H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. books.google.com, 2007. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=oHi8C1W4N7wC&oi=fnd&pg=PA3&dq=%22hanif+al%22&ots=3OSrDH81Ih&sig=a4ejrFVd3C8fouSli9d_q6sw9XE
[7] R. Tantra, “Manajemen Proyek Sistem Informasi: bagaimana mengelola proyek sistem informasi secara efektif & efisien.” Andi, 2019.
[8] R. T. Vulandari, “Data Mining: Teori dan Aplikasi Rapidminer.” repo.unikadelasalle.ac.id, 2017. [Online]. Available: http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=11189&keywords=
[9] A. W. Wijayanti, “Analisis Hasil Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori pada Apotek,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 1, p. 60, 2017, doi: 10.26418/jp.v3i1.19534.
[10] M. Arhami, M. Kom, and S. T. M. Nasir, Data Mining-Algoritma dan Implementasi. books.google.com, 2020. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=AtcCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=arhami&ots=hCmmNI3Qwc&sig=kNkznbbvvGCIqo2utie7eSKA724
[11] E. Buulolo, Data Mining Untuk Perguruan Tinggi. books.google.com, 2020. [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=-K_SDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=buulolo&ots=KdEr4Nv4Zp&sig=yDcHAg5REYoVBHo9WXeI6h3SrWs
[12] M. Fahmi and F. Sianturi, “Analisa algoritma Apriori pada pemesanan konsumen di café the l. Co coffe,” J. sains dan Teknol., 2019, [Online]. Available: http://ww.penusa.ac.id/index.php/SAIN/article/view/14
[13] E. T. L. Kusrini and E. Taufiq, “Algoritma data mining,” Yogyakarta Andi Offset, 2009, [Online]. Available: http://diglib.amikom.ac.id/upload/.pdf
[14] R. Takdirillah, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Penjualan Bisnis Ritel,” Edumatic J. Pendidik. Inform., 2020, [Online]. Available: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edumatic/article/view/2081
[15] A. Fahmi, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengidentifikasi Pola Penyakit Radang Sendi,” vol. 13, no. 2, pp. 115–124, 2014.
[16] S. R. Soemarso, “Akuntansi suatu pengantar, edisi kelima,” Jakarta: salemba empat. 2009.
[17] S. Leny, “Ekonomi dan Akuntansi.” Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009.
[18] F. Tjiptono, Strategi pemasaran. repo.unikadelasalle.ac.id, 2019. [Online]. Available: http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13061&keywords=
[19] P. Kotler, H. Kartajaya, and I. Setiawan, “Marketing 3.0: From products to customers to the human spirit,” Mark. wisdom, 2019, doi: 10.1007/978-981-10-7724-1_10.
[20] Z. Fuady and S. Sasongko, “Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma… 34,” J. Masy. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 34–39.
[21] R. Dhanta, “Pengantar Ilmu Komputer,” Surabaya: Indah. 2009.
[22] A. Anisyah, “Desain Sistem Informasi,” Yogyakarta: Penerbit Andi. 2000.
[23] L. A. Pratama, A. Primawati, and L. Ariyani, “Perancangan Sistem Informasi Sirkulasi Buku Pada Perpustakaan SMP Negeri 103 Jakarta,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 4, no. 2, p. 227, 2019, doi: 10.30998/string.v4i2.4179.
[24] R. S. Pressman, Rekayasa perangkat lunak. repo.unikadelasalle.ac.id, 2012. [Online]. Available: http://repo.unikadelasalle.ac.id/index.php?p=show_detail&id=6745&keywords=
[25] F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.
[26] D. Braun, J. Sivils, A. Shapiro, and J. Versteegh, “Object oriented analysis and design team,” Kennesaw State University CSIS. 2001.
[27] T. Madcoms, “Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula,” Yogyakarta: CV Andi Offset. 2016.
[28] N. Bunafit, “Dasar Pemrograman Web PHP–MySQL Dengan Dreamweaver,” GavaMedia, Yogyakarta. 2013.