Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasikan tingkat pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran daring menggunakan algoritma C5.0. Mahasiswa dituntut untuk dapat memahami setiap materi yang telah disampaikan secara daring. Namun dalam penerapannya banyak mahasiswa yang tidak paham terhadap materi yang telah disampaikan. Penelitian ini menggunakan empat kriteria yang mempengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu komunikasi, suasana pembelajaran, penyampaian materi dan koneksi internet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang telah diberikan kepada seluruh mahasiswa STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini memperoleh 13 rules untuk klasifikasi tingkat pemahaman mahasiswa pada pembelajaran daring dengan empat keputusan paham, empat keputusan cukup paham dan 5 keputusan tidak paham. Algoritma C5.0 dapat digunakan pada kasus penentuan tingkat pemahaman mahasiswa terhadap pembelajaran daring dengan tingkat akurasi 83,33%.