SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PRODUK DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI CV. XYZ
Main Article Content
Abstract
Saat ini, CV XYZ menghadapi permasalahan yaitu sulit menentukan produk yang mungkin diminati oleh pelanggan dan akan ditawarkan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan karena perusahaan ingin pelanggan tertarik melakukan pembelian tidak hanya membeli produk yang sama secara terus menerus. Diketahui bahwa saat ini, lebih dari 50% pada tiga bulan terakhir pelanggan membeli produk yang sama. Belum memiliki sistem penanganan keluhan yang dapat membantu proses penanganan keluhan secara langsung dan mengenai penyebaran informasi mengenai promo dan produk-produk yang dijual di CV. XYZ yang belum dapat menyebarkan secara luas Salah satu cara membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membangun sistem yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan produk yang akan direkomendasikan, dalam hak ini dapat menggunakan metode Item Collaborative Filletering, dengan pendekatan Customer Relationship management (CRM) Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses rekomendasi produk dengan pengiriman informasi rekomendasi melalui SMS, penyebaran informasi promosi dan produk melalui website, dan proses penanganan keluhan.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
S. R. Nainggolan, “Peranan Sistem Informasi Mangement Dalam Organisasi,” Jurnal Sistem Informasi & Teknik Informatika, 2014.
M. A. A. I. Ovi Dwiyantini, “Penerapan Costumer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN),” 2012.
W. Santoso, “Costumer Relationship Management (CRM),” 2013.