Abstract

Saat ini, CV XYZ menghadapi permasalahan yaitu sulit menentukan produk yang mungkin diminati oleh pelanggan dan akan ditawarkan kepada pelanggan. Hal ini dilakukan karena perusahaan ingin pelanggan tertarik melakukan pembelian tidak hanya membeli produk yang sama secara terus menerus. Diketahui bahwa saat ini, lebih dari 50% pada tiga bulan terakhir pelanggan membeli produk yang sama. Belum memiliki sistem penanganan keluhan yang dapat membantu proses penanganan keluhan secara langsung dan mengenai penyebaran informasi mengenai promo dan produk-produk yang dijual di CV. XYZ yang belum dapat menyebarkan secara luas Salah satu cara membantu perusahaan dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu dengan membangun sistem yang dapat membantu perusahaan dalam menentukan produk yang akan direkomendasikan, dalam hak ini dapat menggunakan metode Item Collaborative Filletering, dengan pendekatan Customer Relationship management (CRM) Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses rekomendasi produk dengan pengiriman informasi rekomendasi melalui SMS, penyebaran informasi promosi dan produk melalui website, dan proses penanganan keluhan.