Abstract

Dalam industri kuliner terdapat dua kategori usaha yakni bermodal besar, dan bermodal sederhana. Kedua kategori ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Sering kali terlihat banyak dari usaha kuliner yang tidak bertahan lama dalam operasinya, terutama kuliner sederhana. Salah satu penyebab dari masalah ini adalah minimnya publikasi pada kuliner sederhana. Jangkauan informasi kuliner sederhana juga tidak begitu luas. Banyak platform kuliner digital seperti Zomato atau Foodsesive. Dengan platform seperti zomato kuliner besar dapat melakukan publikasi dengan lebih efektif yang akan berdampak pada jangkauan dan jumlah pelanggan. Banyak usaha kuliner sederhana yang gagal berkembang akibat kurangnya pelanggan. Penyebab utamanya adalah informasi kuliner sederhana tidak tersebar luas. Penelitian ini bermaksud untuk membangun sistem informasi publikasi digital khusus untuk kuliner sederhana. Sistem akan menyediakan lahan bagi pelanggan dan pemilik usaha untuk berbagi informasi. Dimulai dari alamat, harga, hidangan, hingga penilaian pelanggan. Metode deskriptif digunakan dalam penyusunan penelitian, guna menghasilkan penelitian mendetail terhadap lingkungan usaha, objek penelitian, serta kerangka sistem yang berjalan pada objek penelitian. Hasil pembangunan sistem informasi publikasi ini adalah sebagai sistem informasi publikasi digital bagi kuliner sederhana yang membutuhkan tempat menyebarkan informasi dan memasarkan usahanya dengan lebih baik.