Abstract

Wisma Haji Ciloto merupakan sebuah hotel yang terletak pada daerah Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Terdapat beberapa permasalahan pada hotel tersebut, diantaranya minimnya akses yang memudahkan tamu untuk melakukan reservasi, sering terjadinya kesalahan proses transaksi yang merugikan perusahaan dan tamu, dan media promosi melalui brosur yang tidak maksimal. Untuk itu penulis mengembangkan sistem informasi reservasi penginapan pada Wisma Haji Ciloto dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dalam proses layanan reservasi (booking, check-in, dan check-out) selain itu sebagai situs resmi official dalam mempromosikan hotel tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data untuk kemudian dianalisis. Selanjutnya dilakukan pengembangan sistem informasi menggunakan metode prototipe. Hasilnya berupa sebuah sistem informasi yang berdampak pada kemampuan hotel dalam memudahkan pengelolaan data dan informasi dalam memberikan pelayanan reservasi hotel kepada tamu.