Abstract

Pertolongan pertama adalah tindakan pertolongan pada kecelakaan atau kejadian yang tidak diinginkan dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Kejadian ini dapat berupa suatu insiden kecil atau suatu bencana yang melibatkan penderita dalam jumlah besar. KSR PMI merupakan organisasi yang bergerak dibidang kesehatan khususnya pertolongan pertama yang terdiri dari anggota yang terlatih dalam bidang pertolongan pertama trauma maupun medis. Masyarakat dalam kehidupan kesehariannya kadang mengalami kejadian yang tidak diharapkan, permasalahan yang sering ditemui masyarakat seperti sulitnya melaporkan kejadian, sulit mendapatkan pertolongan pertama serta sulitnya menemukan lokasi pelaku pertolongan pertama.
Terdapat beberapa teknologi yang dapat membantu permasalahan yaitu Firebase Cloud Messaging untuk memberikan notifikasi pada pelaku pertolongan pertama, Geolocation untuk mendapatkan lokasi pelapor dan lokasi anggota terdekat, Geofencing untuk membatasi wilayah pelaporan kejadian, dan Infermedica difungsikan untuk melakukan diagnosis kondisi korban.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa dengan aplikasi (KOREMI) didapatkan presentase sebesar 81,25% masyarakat merasa terbantu dalam melaporkan kejadian, 81,25% membantu masyarakat mendapatkan pertolongan pertama, 77,5% memungkinkan masyarakat menemukan pelaku pertolongan pertama disekitarnya dan 80,62% membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi kegiatan kepalangmerahan yang berhubungan dengan kemanusiaan.