PENERAPAN SPEECH RECOGNITION PADA PERMAINAN EDUKASI “TAHFIDZUL QUR’AN ZAMAN NOW” BERBASIS ANDROID

Main Article Content

Krisna Febrianto
Iskandar Ikbal

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat islam yang berisi petunjuk dan pedoman bagi siapa saja yang mengamalkannya, mempelajarinya merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Madrasah Diniyah Takmiliyah(MDT) Al-Barokah merupakan lembaga pendidikan nonformal tingkat awal yang berfokus pada pembelajaran Al-Qur’an. Di MDT Al- Barokah terdapat beberapa mata pelajaran wajib, salah satunya adalah pelajaran hafalan Al-Qur’an. Permasalahan yang terjadi adalah para santri penghafal Al-Qur’an sering merasa bosan saat menghafal, dan kesulitan dalam mengulang hafalan, karena pada dasarnya anak-anak lebih suka bermain sehingga mereka lebih banyak menggunakan waktu luang mereka untuk bermain dibandingkan dengan mengulang hafalan Al-Qur’an. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dibutuhkan sebuah game edukasi yang dapat menjadi sebuah alternatif untuk membantu para santri dalam menghafal dan mengulang hafalan Al- Qur’an mereka dengan cara yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian didapatkan hasil kesimpulan bahwa game edukasi Tahfidzul Qur’an Zaman Now dengan menggunakan speech recognition ini dapat membantu para santri dalam menghafal ataupun mengulang hafalan mereka.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN SPEECH RECOGNITION PADA PERMAINAN EDUKASI “TAHFIDZUL QUR’AN ZAMAN NOW” BERBASIS ANDROID. (2020). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 9(1), 17-24. https://doi.org/10.34010/komputa.v9i1.3721

References

Aziz Abdur Rauf, Abdul 17 Motivasi Berinteraksi Dengan Al – Qur’an, Bandung : Masjid Raya Habiburrahman PT. Dirgantara Indonesia, 2008.

Binanto, Iwan, Metodologi pengembangan multimedia in Multimedia Digital – Dasar Teori dan Pengembangannya, ed 1. Yogyakarta : Andi, 2010.

Wikipedia. Pengenalan Ucapan. [Online]. Available:https://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_ucapan. 23 April 2018 20.25

E. Subiantoro, M. A. Asuja, and S. Anggai, Pemrograman Game JAVA. 2007.

Hurd, Daniel dan Jenuings, Erin, Standardized Educational Games Ratings : Suggested Criteria, 2009.

Safaat H, Nazruddin, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Penerbit Informatika, 2012.

Haviludin, "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language)", Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 6, no. 1, Februari 2011.

Zigurd M, Laird D. Programing Android. Tokyo : O’Reilly, 2013.

Romi Satria Wahono Sri Dharwiyanti, "Pengantar Unified Modeling (UML)," Kuliah Umum IlmuKomputer.Com, 2003.

developer.android. Mengenal Android Studio. [Online]. Available:https://developer.android.com/studio/intro/?hl=id/. 23 April 2018 21.00

Herdiansyah, M. Yanyan dan Irawan Afrianto. 2013. “Pembangunan aplikasi bantu dalam menghafal al-qurán berbasis mobileâ€. Jurnal ilmiah komputer dan informatika (KOMPUTA), Vol.2, No.2.