Aplikasi Identifikasi Kata Berbasis Optical Character Recognition dan Augmented Reality

Main Article Content

Devy Normalasari
Irawan Afrianto

Abstract

Teks tertulis merupakan salah satu metode yang umum untuk menyampaikan informasi. Namun, ketika berwisata ke luar negeri informasi tersebut ditemui dalam bahasa asing. Bagi beberapa individu perbedaan bahasa membuat informasi tersebut tidak dapat tersampaikan dengan baik. Penggunaan kamus digital menjadi pilihan wisatawan untuk menerjemahkan bahasa dengan pencarian kata yang cepat dan mudah. Namun kamus digital masih memiliki kekurangan, yaitu wisatawan harus mengetikan teks yang ingin diterjemahkan, maka dibutuhkan sebuah aplikasi alternatif yang dapat mendeteksi karakter teks dan menerjemahkannya langsung. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah teknologi Augmented Reality dengan dukungan perangkat mobile bersistem operasi Android. Teknologi Optical Character Recognition juga akan diterapkan untuk pengenalan kata pada citra yang dideteksi. Pada sistem yang akan dibangun, Augmented Reality akan memanfaatkan kamera yang ada pada perangkat Android untuk mendeteksi teks tanpa harus menyimpan gambar terlebih dahulu. Kemudian objek atau target teks yang terdeteksi akan dikonversi kedalam teks yang dapat diedit oleh Optical Character Recognition sehingga teks tersebut dapat diterjemahkan. Penerjemahan dilakukan secara offline maupun online dengan Bing Miscrosoft Translator. Hasil terjemahan teks tersebut kemudian akan ditampilkan dengan Augmented Reality pada layar perangkat Android. Terjemahan kata akan tampil di luar wilayah pendeteksian atau ROI secara berurut untuk setiap kata dari atas ke bawah. Implementasi AR dengan OCR pada aplikasi Word Translatar diharapkan dapat membantu wisatawan dalam menerjemahkan kata-kata berbahasa asing secara realtime dan akurat tanpa harus mengetik.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Aplikasi Identifikasi Kata Berbasis Optical Character Recognition dan Augmented Reality. (2019). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 8(2), 77-85. https://doi.org/10.34010/komputa.v8i2.3053

References

S. Siltanen, Theory and applications of marker-based augmented reality. VTT Technical Research Centre of Finland, 2012.

C. Patel, et al, “Optical Character Recognition by Open Source OCR Tool Tesseractâ€, J. Computer Applications., Vol 55, No.10, 2012.

International Data Corporation..( 2014, September). Smartphone OS Market Share, Q3 2014 [online]. http://www.idc.com/prodserv/smartphone-os-market-share.jsp

R. C. Gonzalez and R. E. Woods, Digital Image Processing, Second ed. New Jersey: Prentice-Hall, 2002.

G. X. Ritter and J. N. Wilson, Handbook of Computer Vision Algorithms in Image Algebra: CRC Press, 1996.

R.T. Azuma, “A Survey of Augmented Realityâ€, Teleoperators and Virtual Environments 6, 1997.

M. Paul, Kishino, Fumio., Augmented Reality: A class of displays on the reality-virtuality continuum, Japan: ATR Communication Systems Research Laboratories, 1994.

M. Cheriet, et al., Character Recognition Systems. New Jersey: John Wiley & Sons, 2007.

Novhard. (2014, September). Pattern Recognition atau Pengenalan Pola [online]. http://novhard.wordpress.com/2007/09/07/pattern-recognitionatau-pengenalan-pola/

Developers.(2014,September).About [online]. http://developer.android.com/about/index.html

Developers.(2014,September).SDK[online]. http://developer.android.com/sdk/index.html

Vuforia.(2014, September). Qualcomm Vuforia Developer Portal[online]. https://developer.vuforia.com/

(WCECS), vol.1, October 2012.

T. Khan, et al., “Augmented Reality Based Word Translator,†International Journal of Innovative Research in Computer Science & Technology (IJIRCST), vol.2, March 2014.