SISTEM PENANGANAN KELUHAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK DI MUTIARA PACKAGING MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRM

Main Article Content

Kurniawan Ali Nugraha
Utami Dewi Widianti

Abstract

CV. ABC. Merupakan sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang penyediaan pengemasan dan produk alat kosmetik atau kecantikan. Berdasarkan hasil wawancara pemilik perusahaan, terjadi masalah pada penanganan keluhan pelanggan. Perusahaan menyelesaikan keluhan tersebut hanya berdasarkan urutan keluhan masuk yang disampaikan oleh CS tanpa melihat prioritas keluhan. Hal ini dapat mengakibatkan pelanggan tidak melakukan pembelian kembali di kemudian hari karena keluhan yang disampaikan lamban dalam penanganannya. Sedangkan dari hasil wawancara dengan manager perusahaan, ditemukan masalah pada pengembangan produk untuk produk yang tidak laku sehinga terjadi penumpukan digudang dalam waktu yang lama. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka dibutuhkan suatu Sistem Informasi Customer Relationship Management. Tujuannya adalah membantu dalam menentukan prioritas penanganan keluhan pelanggan, dan membantu proses pengembangan produk yang kurang laku. Metode AHP merupakan metode yang digunakan untuk menentukan prioritas penanganan keluhan pelanggan. Sedangkan alat yang digunakan dalam menyelesaikan masalah pengembangan produk menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, UAT (User Acceptence Test) dan pengujian pengguna akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses prioritas penanganan keluhan dan pengembangan pada produk yang tidak laku.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

SISTEM PENANGANAN KELUHAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK DI MUTIARA PACKAGING MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRM. (2019). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 8(2), 69-76. https://doi.org/10.34010/komputa.v8i2.3052

References

Hutahaean J. (2014). KONSEP SISTEM INFORMASI. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Yunitarini R., Santoso P.B., Nurwarsito H. (2012). Implentasi Perangkat Lunak Electronic Customer relationship management (E-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM. EECCIS Vol.6, No.1, Juni 2012.

Gautama I., Thendean T., Sanjaya W., Holim J. (2004). PEMBANGUNAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEB PADA PT.APP TOUR AND TRAVEL – JAKARTA. KOMMIT2004. ISSN:1411-6286.

Setiawan D.L. (2015). REKAYASA SISTEM INFORMASI KOPERASI BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT. ICT Learning – Vol.1 No.1.

Nofriansyah D. (2014). KONSEP DATA MINING VS SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Marimin. (2004). TEKNIK DAN APLIKASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN KRITERIA MAJEMUK. Jakarta:GRASINDO.

Pearce J. A. Robinson R.B. (2007). MANAJEMEN STRATEGIS – FORMULASI, IMPLEMENTASI, DAN PENGENDALIAN EDISI 10. Jakarta:SALEMBA EMPAT.

Madura J. (2007). PENGANTAR BISNIS EDISI 4. Jakarta:SALEMBA EMPAT.

Lim J. (2008). BUSINESS DOCTOR STEP-BY-STEP PROVEN TECHNIQUES TO DOUBLE YPUR PROFIT IN 90 DAYS. Jakarta:GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.

B. Hariyanto. (2004). Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF,KUALITATIF, DAN R&D. Bandung : ALFABETA.