Abstract

Proses pembelajaran khususnya untuk anak tidaklah mudah karena sebagian besar sifat anak belum bisa fokus pada saat belajar. Kesulitan lain anak dalam belajar disebabkan karena kecenderungan pola belajar anak yang lebih suka bermain juga sangat mempengaruhi sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal untuk pembelajaran bahasa inggris. hal tersebut mengakibatkan lamanya waktu yang dipelukan anak untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Maka dibutuhkan media pendukung pembelajaran untuk menarik minat belajar anak agar bisa belajar secara mandiri Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan berorientasi objek menggunakan model UML (unifief modeling language). Pada aplikasi ayo belajar bahasa inggris berbasis android ini terdapat 6 materi pelatihan dasar kosakata bahasa Inggris mengenai warna, angka, buah, huruf, buah, hewan dan benda yang disertai latihan dan evlusai untuk mengukur pemahaman anak. Aplikasi ini didukung dengan gambar, suara dan animasi yang diharapkan dapat menarik minat belajar anak. Diharapkan dengan adanya aplikasi ayo belajar bahasa inggris berbasis android ini dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman dan membuat anak dapat belajar mandiri, sekaligus sebagai alternatif media pembelajaran selain buku.