APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 5-12 TAHUN BERBASIS PLATFOM ANDROID

Main Article Content

Taryana Suryana
Sandy Septian

Abstract

Proses pembelajaran khususnya untuk anak tidaklah mudah karena sebagian besar sifat anak belum bisa fokus pada saat belajar. Kesulitan lain anak dalam belajar disebabkan karena kecenderungan pola belajar anak yang lebih suka bermain juga sangat mempengaruhi sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal untuk pembelajaran bahasa inggris. hal tersebut mengakibatkan lamanya waktu yang dipelukan anak untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Maka dibutuhkan media pendukung pembelajaran untuk menarik minat belajar anak agar bisa belajar secara mandiri Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan berorientasi objek menggunakan model UML (unifief modeling language). Pada aplikasi ayo belajar bahasa inggris berbasis android ini terdapat 6 materi pelatihan dasar kosakata bahasa Inggris mengenai warna, angka, buah, huruf, buah, hewan dan benda yang disertai latihan dan evlusai untuk mengukur pemahaman anak. Aplikasi ini didukung dengan gambar, suara dan animasi yang diharapkan dapat menarik minat belajar anak. Diharapkan dengan adanya aplikasi ayo belajar bahasa inggris berbasis android ini dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman dan membuat anak dapat belajar mandiri, sekaligus sebagai alternatif media pembelajaran selain buku.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 5-12 TAHUN BERBASIS PLATFOM ANDROID. (2019). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 8(1), 44-51. https://doi.org/10.34010/komputa.v8i1.3048

References

Harun Rasyid. 2009. Mansyur & Suranto. Asesmen Perkembangan Anak Usai Dini. Yogyakarta : Multi Presindo.

Ula. S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

R Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

A.S. Rosa. 2013. Shalahudin M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.

Sigit, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri semarang

Safaat, N. H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.