APLIKASI PEMBELAJARAN DASAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 5-12 TAHUN BERBASIS PLATFOM ANDROID
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran khususnya untuk anak tidaklah mudah karena sebagian besar sifat anak belum bisa fokus pada saat belajar. Kesulitan lain anak dalam belajar disebabkan karena kecenderungan pola belajar anak yang lebih suka bermain juga sangat mempengaruhi sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal untuk pembelajaran bahasa inggris. hal tersebut mengakibatkan lamanya waktu yang dipelukan anak untuk dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Maka dibutuhkan media pendukung pembelajaran untuk menarik minat belajar anak agar bisa belajar secara mandiri Pembangunan aplikasi ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan metode pendekatan sistem yang digunakan adalah metode pendekatan berorientasi objek menggunakan model UML (unifief modeling language). Pada aplikasi ayo belajar bahasa inggris berbasis android ini terdapat 6 materi pelatihan dasar kosakata bahasa Inggris mengenai warna, angka, buah, huruf, buah, hewan dan benda yang disertai latihan dan evlusai untuk mengukur pemahaman anak. Aplikasi ini didukung dengan gambar, suara dan animasi yang diharapkan dapat menarik minat belajar anak. Diharapkan dengan adanya aplikasi ayo belajar bahasa inggris berbasis android ini dapat membantu untuk meningkatkan pemahaman dan membuat anak dapat belajar mandiri, sekaligus sebagai alternatif media pembelajaran selain buku.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Harun Rasyid. 2009. Mansyur & Suranto. Asesmen Perkembangan Anak Usai Dini. Yogyakarta : Multi Presindo.
Ula. S. Shoimatul. 2013. Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
R Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
A.S. Rosa. 2013. Shalahudin M. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: ALFABETA.
Sigit, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran dengan menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Negeri semarang
Safaat, N. H. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.