PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK PENJURUSAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Main Article Content
Abstract
Jurusan di Sekolah Menengah Atas (SMA) digunakan sebagai acuan untuk menyalurkan bakat dan kemampuan dari siswa. Penjurusan tersebut dilakukan ketika pendaftaran siswa baru, sebelum siswa tersebut diterima sebagai siswa kelas X. Banyaknya data siswa yang melakukan pendaftaran dan pelaksanaan penjurusan saat ini yang masih menggunakan sistem manual, mengakibatkan terjadinya kesalahan dan waktu pengolahan data yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem untuk mengklasifikasikan jurusan bagi siswa dengan tepat, efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menerapkan. Algoritma C4.5 untuk mengklasifikasikan siswa dalam menentukan jurusan. Algoritma C4.5 digunakan untuk mencari pola-pola aturan berdasarkan variabel pendukung berupa nilai rata-rata raport Sekolah Menengah Pertama (SMP), nilai tes akademik seperti nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), nilai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan nilai Bahasa. Hasil dari penelitian ini sendiri berupa aplikasi data mining dengan Algoritma C4.5 untuk memprediksi penjurusan IPA, IPS, atau Bahasa. Tingkat akurasi yang didapatkan sebesar 97,42 %.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).