BOT TELEGRAM SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF AKSES INFORMASI AKADEMIK
Main Article Content
Abstract
Sistem informasi akademik yang terdapat
pada universitas memegang peranan penting bagi civitas akademik, terutama bagi mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta memanfaatkan teknologi berbasis website sebagai penerapan dari sistem informasi akademik. Faktanya, sistem informasi akademik yang terdapat pada Universitas Muhammadiyah Surakarta masih mengalami beberapa kendala dalam pengoperasiannya. Kendala utama adalah, ketika pergantian masa perkuliahan mahasiswa mengalami kesulitan untuk melakukan akses terhadap sistem informasi akademik. Kendala lain muncul ketika sistem informasi yang terdapat pada Universitas Muhammadiyah Surakarta diakses melalui peramban situs di smartphone, yang disebabkan karena belum adanya dukungan tampilan antarmuka yang responsive. Beberapa permasalahan tersebut, menjadi dasar untuk penelitian ini mengusulkan sebuah solusi dengan menggunakan robot (Bot) pada aplikasi pesan instan Telegram sebagai media alternatif akses informasi akademik. Tujuannya untuk mengoptimalkan pelayanan dalam penyampaian informasi terhadap mahasiswa.Menggunakan metode penelitian waterfall. Bot Telegram pun telah berhasil dibangun, dengan beberapa menu informasi seputar akademik. Diantaranya adalah menu informasi jadwal kuliah, kartu rencana studi, kartu hasil studi, transkrip nilai, dan tagihan keuangan. Berdasarkan pengujian yangtelah dilakukan dengan kuisioner dan mahasiswa bertindak sebagai responden, diperoleh hasil yang cukup baik dengan rata – rata nilai keseluruhan sebesar 84.7%.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Y. I. Kurniawan, “Pembangunan Website Informasi Sekolah Di SMA Negeri Kerjo , Karanganyar,†Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 116–129, 2018.
G. Sastrawangsa, “Pemanfaatan Telegram Bot Untuk Automatisasi Layanan Dan Informasi Mahasiswa Dalam Konsep Smart Campus,†Konf. Nas. Sist. Inform., pp. 772– 776, 2017.
H. Setiaji and I. V Paputungan, “Design of Telegram Bots for Campus Information Sharing Design of Telegram Bots for Campus Information Sharing,†2018.
N. Morze, O. Buinytska, and L. Varchenkotrotsenko, “Use Of Bot-Technologies For Educational Communication At The University.†Telegram LLP, “Telegram Bot API,†2017. [Online]. Available: https://core.telegram.org/bots [Accessed: 26-Oct-2018].
E. Nila Scp and I. Afrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Informasi Objek Wisata Kota Bandung Dengan Pendekatan Natural Language Processing,†J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 49–54, 2015.