Abstract

Sistem informasi akademik yang terdapat
pada universitas memegang peranan penting bagi civitas akademik, terutama bagi mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Surakarta memanfaatkan teknologi berbasis website sebagai penerapan dari sistem informasi akademik. Faktanya, sistem informasi akademik yang terdapat pada Universitas Muhammadiyah Surakarta masih mengalami beberapa kendala dalam pengoperasiannya. Kendala utama adalah, ketika pergantian masa perkuliahan mahasiswa mengalami kesulitan untuk melakukan akses terhadap sistem informasi akademik. Kendala lain muncul ketika sistem informasi yang terdapat pada Universitas Muhammadiyah Surakarta diakses melalui peramban situs di smartphone, yang disebabkan karena belum adanya dukungan tampilan antarmuka yang responsive. Beberapa permasalahan tersebut, menjadi dasar untuk penelitian ini mengusulkan sebuah solusi dengan menggunakan robot (Bot) pada aplikasi pesan instan Telegram sebagai media alternatif akses informasi akademik. Tujuannya untuk mengoptimalkan pelayanan dalam penyampaian informasi terhadap mahasiswa.Menggunakan metode penelitian waterfall. Bot Telegram pun telah berhasil dibangun, dengan beberapa menu informasi seputar akademik. Diantaranya adalah menu informasi jadwal kuliah, kartu rencana studi, kartu hasil studi, transkrip nilai, dan tagihan keuangan. Berdasarkan pengujian yangtelah dilakukan dengan kuisioner dan mahasiswa bertindak sebagai responden, diperoleh hasil yang cukup baik dengan rata – rata nilai keseluruhan sebesar 84.7%.