PEMBANGUNAN DATA MART UNTUK MEMBANTU PENGAWASAN DIVISI PEMASARAN DAN PENJUALAN DI PT. XYZ
Main Article Content
Abstract
Divisi pemasaran dan penjualan di PT. XYZ merupakan bagian yang bertugas memasarkan dan menjual jasa atau produk yang disediakan oleh PT. XYZ. Dalam menjalankan tugasnya, diperlukan analisis terhadap data penjualan yang akan digunakan untuk mengambil keputusan strategis perusahaan. Sistem yang ada saat ini hanya menyediakan laporan yang digunakan oleh divisi keuangan dan akuntasi, sehingga untuk mendapat data penjualan, divisi pemasaran dan penjualan harus menunggu proses dari divisi keuangan dan akuntansi. Pengambilan keputusan strategi bisnis tersebut tidak dapat dilakukan menggunakan data transaksi, karena data transaksi masih dapat berubah karena proses transaksi yang terjadi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, divisi pemasaran dan penjualan memerlukan sebuah sistem data mart sebagai media penyimpanan yang akan menyimpan data secara periodik. Data yang disimpan pada data mart tidak akan mengalami perubahan yang disebabkan proses transaksional perusahaan. Data mart ini sebagai sumber data yang digunakan oleh divisi pemasaran dan penjualan untuk pengambilan keputusan strategis bisnis. Skema yang digunakan dalam proses pembuatan data mart menggunakan skema constellation. Proses analisa data pada data mart akan menggunakan analisis KPI (Key Performace Indicator). Dengan dibangunnya data mart ini dapat memudahkan divisi pemasaran dan penjualan dalam mendapatkan informasi secara detail mengenai data penjualan di PT. XYZ, serta memudahkan dalam menentukan strategi bisnis.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
Imelda, "Business Intelligence," Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 11, no. Jurnal Ilmiah, p. 111, Feb. 2014.
P. Lane, Oracle9i Data Warehousing Guide Release 2 (9.2), Redwood: Oracle Corporation, 2002.
M. Golfarelli and S. Rizzi, Data Warehouse Design: Modern Principles and Methodologies, The McGraw-Hill Companies, 2009.
D. Browning and J. Mundy, "Data Warehouse Design Considerations," MicrosoftSQL2000 TechnicalArticles - MSDN.com, 2001.
W. H. Inmon, Building the Data Warehouse Third Edition, Canada: John Wiley & Sons, Inc., 2002.
P. Ponniah, Data Warehousing Fundamentals. A Comprehensif Guide For IT Professionals, John Wiley & Sons, Inc., 2001.
M. Y. Pusadan, Rancang Bangun Data Warehouse, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.