Abstract

Divisi pemasaran dan penjualan di PT. XYZ merupakan bagian yang bertugas memasarkan dan menjual jasa atau produk yang disediakan oleh PT. XYZ. Dalam menjalankan tugasnya, diperlukan analisis terhadap data penjualan yang akan digunakan untuk mengambil keputusan strategis perusahaan. Sistem yang ada saat ini hanya menyediakan laporan yang digunakan oleh divisi keuangan dan akuntasi, sehingga untuk mendapat data penjualan, divisi pemasaran dan penjualan harus menunggu proses dari divisi keuangan dan akuntansi. Pengambilan keputusan strategi bisnis tersebut tidak dapat dilakukan menggunakan data transaksi, karena data transaksi masih dapat berubah karena proses transaksi yang terjadi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, divisi pemasaran dan penjualan memerlukan sebuah sistem data mart sebagai media penyimpanan yang akan menyimpan data secara periodik. Data yang disimpan pada data mart tidak akan mengalami perubahan yang disebabkan proses transaksional perusahaan. Data mart ini sebagai sumber data yang digunakan oleh divisi pemasaran dan penjualan untuk pengambilan keputusan strategis bisnis. Skema yang digunakan dalam proses pembuatan data mart menggunakan skema constellation. Proses analisa data pada data mart akan menggunakan analisis KPI (Key Performace Indicator). Dengan dibangunnya data mart ini dapat memudahkan divisi pemasaran dan penjualan dalam mendapatkan informasi secara detail mengenai data penjualan di PT. XYZ, serta memudahkan dalam menentukan strategi bisnis.