PENERAPAN CROSS SELLING PADA SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PENJUALAN BUKU
Main Article Content
Abstract
Peranan teknologi informasi dalam berbagai bidang saat ini sangatlah pesat. Begitu pula dalam bidang penjualan buku. Penjualan buku saat ini banyak dilakukan baik secara offline maupun online. Akan tetapi pedekatan tersebut tidak akan meningkatkan hasil penjulan, jika penjualan buku dilakukan tanpa memperhatikan keinginan pelanggan. Oleh karena itu, dirasakan perlu untuk menerapkan sebuah strategi pemasaran buku untuk meningkatkan minat pelanggan untuk melakukan transaksi pembelian. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melakukan penawaran kepada pelanggan secara langsung melalui sebuah media komunikasi elektronik. Akan tetapi pendekatan ini akan membutuhkan pengelolaan data pelanggan tetap beserta data transaksi pembeliannya. Sehinggaakan diperoleh rekomendasi pelanggan yang akan diberikan penawaran paket buku yang sesuai dengan kebutuhannya. Sistem Customer Relationship Management (CRM) merupakan salah satu solusi yang dianggap tepat untuk melakukan pendekatan terhadap pelanggan. Selain itu juga perlu diterapkan metode cross selling untuk pemaketan buku yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Hasil dari penelitian ini merupakan sebuah model sistem CRM yang menerapkan analisis cross selling di dalamnya.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
B. A. Tama. “Penetapan Strategi Penjualan Menggunakan Association Rules dalam Konteks CRM,†JURNAL GENERIC, vol. 5, no. 1, p. 36. 2010.
B. A. Tama. “Implementasi Teknik Data Mining Di Dalam Konsep Customer Relationship Management (CRM),†Konferensi Nasional Sistem dan Informatika, p. 58. 2009.
E. K. Budiarjo dan F. Irwiensyah, (2008). “Analisis Fitur CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien - Berbasis Pada Framework Of Dynamic CRM Studi Kasus : Departemen Obstetri Dan Ginekologi Fkui - RSC Jakarta,†SEMNASIF, p. 151. 2008.
F. Buttle dan J. Turnbull. Customer Relationship Management: Concepts and Tools. Terjemahan Oleh Arief Subiyanto. Malang : Bayumedia . 2004.
Fathansyah. Basis Data, Bandung: Informatika Bandung. 2004.
R. S. Presman. Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku 1). Terjemahan Oleh LN. Harnaningrum. Yogyakarta: Andi. 2002.
S. Susanto dan D. Suryadi. Pengantar Data Mining Menggali Pengetahuan dari Bongkahan Data, Yogyakarta: Andi. 2010
W. A. Triyanto. “Association Rule Mining Untuk Penentuan Rekomendasi Promosi Produk,†Jurnal SIMETRIS, vol. 5, no. 2, pp. 122 - 123. 2014