PEMANFAATAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) DALAM MARKET TARGETING UNTUK MENENTUKAN CABANG BARU PADA PERUSAHAAN BUTIK X
Main Article Content
Abstract
Butik X adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan/atau penyewaan pakaian pesta dengan model terkini dan unik. Jenis pakaian pesta yang dijual atau disewakan bisa berupa pakaian modern maupun pakaian tradisional. Perusahaan butik X ini sudah memiliki brand dengan jumlah pelanggan saat ini mencapai hampir 500 pelanggan yang tersebar di berbagai daerah. Manager Marketing butik X saat ini memiliki keinginan untuk memperluas pangsa pasarnya. Salah satu cara memperluas pangsa pasar adalah dengan cara membuka cabang baru, akan tetapi pihak Manager Marketing kesulitan dalam menentukan daerah mana yang memiliki pangsa pasar yang tinggi dan berpotensi untuk dibukanya cabang baru. Salah satu metode yang digunakan pada tahap market targeting adalah metode yang ada pada Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yaitu metode Simple Additive Weight (SAW), dimana metode ini menghasilkan sebuah rekomendasi mengenai daerah yang berpotensi untuk dibukanya cabang baru sesuai kebutuhan perusahaan.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
S. B. W. S. d. S. D. Nuraini, The Effect of Market Share, Laverage Ratio, and Capital Intensity Ratio on StockReturn, Vols. 3(2): 139-146, 2009.
S. Assauri, Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep & Strategi, Depok: RajaGrafindo Persada, 2015. Armstrong and Kotler, Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembila, Jakarta: Penerbit PT. Indeks Gramedia, 2003.
S. Kusumadewi, S. Hartati, A. Harjoko and R. Wardoyo, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta, 2006.
Shuta, 10 Shopping Mall Terbesar di Kota Bekasi, http://miner8.com/id/20471, diakses pada hari Kamis 26 Desember 2018 pukul 14.00 WIB.
Majalah Franchise, Ciri-ciri yang baik lokasi bisnis franchise, http://www.majalahfranchise .com/article/641/ciriciri-yang-baik-lokasi-bis-nis-franchise, diakses pada hari Kamis 26 Desember 2018 pukul 14.15 WIB.
F. Basyaib, Teori Pembuatan Keputusan, Grasindo, 2006.
Program Studi Sistem Informasi FST. Universitas Ma Chung, Learn By Sample : Decision Support System Application, Thousand Star Press, 2012.
Program Studi Sistem Informasi FST. Universitas Ma Chung, Studi Kasus Sistem Penunjang Keputusan: membahas metode SAW dan TOPSIS, Seribu Bintang, 2018.
Frieyadie, Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan, Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. XII No. 1, Maret 2016.