Abstract

Butik X adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan/atau penyewaan pakaian pesta dengan model terkini dan unik. Jenis pakaian pesta yang dijual atau disewakan bisa berupa pakaian modern maupun pakaian tradisional. Perusahaan butik X ini sudah memiliki brand dengan jumlah pelanggan saat ini mencapai hampir 500 pelanggan yang tersebar di berbagai daerah. Manager Marketing butik X saat ini memiliki keinginan untuk memperluas pangsa pasarnya. Salah satu cara memperluas pangsa pasar adalah dengan cara membuka cabang baru, akan tetapi pihak Manager Marketing kesulitan dalam menentukan daerah mana yang memiliki pangsa pasar yang tinggi dan berpotensi untuk dibukanya cabang baru. Salah satu metode yang digunakan pada tahap market targeting adalah metode yang ada pada Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yaitu metode Simple Additive Weight (SAW), dimana metode ini menghasilkan sebuah rekomendasi mengenai daerah yang berpotensi untuk dibukanya cabang baru sesuai kebutuhan perusahaan.