Abstract

Eduplex café pada awalnya didirikan sebagai sebuah perusahaan bimbingan belajar, akan tetapi saat ini Eduplex Café telah mengembangkan kosepnya tidak hanya sebagai tempat yang nyaman bagi pelajar untuk belajar melainkan juga sebagai
virtual office café yang luas dan nyaman bagi pelanggan. Akan tetapi sentuhan”virtual office café” dirasa kurang diterapkan didalam café ini sendiri. Hal ini dapat terlihat dari sistem manajemen café yang ada masih diterapkan secara konvensional mulai dari pemesanan makanan, pelayanan dan pembayaran. Pelanggan harus menghampiri petugas untuk melakukan pemesanan maupun melakukan pembayaran.
Aplikasi pelayanan pemesanan untuk pelanggan ini menggunakan teknologi web service sebagai penyedia layanan. Web service memungkinkan untuk aplikasi yang berbeda satu sama lain yang dapat saling bertukar informasi dengan mudah sehingga penyampaian informasi antar aplikasi pelanggan dan web petugas kasir tidak terbatas pada satu aplikasi. Pada pembangunan aplikasi ini menggunakan teknologi web service model REST untuk penyederhanaan konsep, ketahanan perubahan dan keseragaman. Dengan adanya dukungan web service pada aplikasi yang dibangun, maka aplikasi pelayanan pemesanan pada Eduplex Café ini dapat saling bertukar informasi dan terintegrasi dengan baik.
Aplikasi pelayanan pemesanan untuk pelanggan berbasis mobile android pada Eduplex Café ini untuk membantu pelanggan dalam melakukan transaksi pada Eduplex Café dengan secara otomatis menggunakan aplikasi mobile khususnya pada platform android yang terintegrasi pada web service.