Abstract

Permainan congklak merupakan permainan tradisional Indonesia. Permainan ini sebenarnya bukanlah permainan asli Indonesia melainkan permainan dari luar Indonesia yang sudah diadaptasi berdasarkan budaya Indonesia. Pada permainan congklak diperlukan perhitungan matematis dalam memilih biji yang akan dimainkan dengan tepat dan dalam waktu yang cepat agar mendapatkan hasil yang optimal atau dalam kondisi yang paling menguntungkan.
Pada penelitian ini aplikasi game congklak yang menerapkan Algoritma Negascout, dibangun dengan tujuan untuk mengetahui kinerja Algoritma Negascout pada proses pencarian solusi game congklak. Kinerja algoritma akan dilihat dari segi tingkat kemenangan, waktu pemrosesan, dan jumlah langkah pencarian.
Berdasarkan hasil pengujian aplikasi secara keseluruhan, maka dapat disimpulkan bahwa akurasi dari perhitungan Negascout secara manual dan oleh aplikasi adalah 100%, tingkat kemenangan algoritma minimax lebih unggul dari algorima Negascout dengan presentase kemenangan 71% untuk minimax dan 57% untuk Negascout, tingkat kecepatan algoritma Negascout lebih baik dari algoritma minimax dengan perbandingan jumlah keseluruhan langkah pencariannya 2:5 dan perbandingan keseluruhan waktu proses pencariannya 1:10691,42.