Abstract

CV. XYZ merupakan produsen sepatu bermotif etnik yang memasarkan produknya pada distributor-distributor yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Pendistribusian sepatu saat ini kurang maksimal karena tidak sesuai dengan kebutuhan produk di distributor. Dampaknya yaitu banyaknya distributor yang menukarkan sepatu dan proses distribusi untuk sampai ke tangan konsumen terkadang terhambat. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membentuk segmentasi distributor berdasarkan data penjualan. Segmentasi distributor tersebut dapat menjadi pengetahuan dengan menganalisis karakteristik atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau pemasaran yang berbeda dari setiap segmennya. Pembentukan segmentasi distributor dapat dilakukan dengan memanfaatkan data mining metode clustering dengan menggunakan algoritma AHC. Algoritma AHC membentuk cluster berdasarkan kedekatan jarak di setiap clusternya. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat membantu pihak pemasaran CV. XYZ untuk melakukan pemasaran dan strategi bisnis yang tepat untuk setiap segmen distributor sesuai dengan karakteristik di setiap segmennya.