PEMBANGUNAN GAME EDUKASI UNTUK MELATIH PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK BERBASIS KINECT (STUDI KASUS TK NUSA BANGSA)
Main Article Content
Abstract
Kemampuan berhitung dan kemampuan mengingat merupakan aspek utama dalam pengembangan kognitif. Perkembangan kognitif pada anak mulai ditunjukkan pada saat prasekolah dimana anak telah mempersiapkan diri untuk sekolah. Pengalaman belajar yang diperlukan usia prasekolah di antaranya adalah mengenal warna, mengerti kata sifat, mengenal huruf dan angka.
Berdasarkan hasil wawancara Kepala Sekolah TK Nusa Bangsa bahwa terdapat kendala yaitu anak masih sulit mengingat dan menghitung bilangan yang disebabkan anak sulit berkonsentrasi ketika belajar dengan cara tradisional seperti duduk dikursi dan mengerjakan apa yang diperintahkan guru. Anak memiliki rentang perhatian yang pendek sehingga anak tersebut tidak dapat duduk tenang dalam jangka waktu yang lama. Anak dapat belajar melalui bergerak, energinya dapat disalurkan melalui aktifitas fisik yang bisa melatih kemampuan kognitif dan melatih seluruh koordinasi tubuhnya. Dengan menggunakan teknologi kinect anak dapat belajar melalui gerakan sehingga dapat menjadi stimulus dalam proses mengingat dan belajar anak. Pengujian dilakukan dengan pengujian Alfa (blackbox) dan Beta (wawancara dan kuisioner).
Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa game edukasi yang dibangun dapat meningkatkan kemampuan menghitung dan mengingat bilangan dan mampu meningkatkan konsentrasi anak yang sulit duduk tenang ketika belajar.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).