ANALISA APLIKASI E-KIR DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PULOGADUNG
Main Article Content
Abstract
Unit pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung adalah instansi pemerintahan yang bergerak dalam bidang pelayanan publik terkait uji laik jalan kendaraan bermotor pertama dan uji berkala yang rutin dilakukan setiap 6 bulan. Permasalahan yang terjadi adalah pengguna, tidak dapat membatalkan atau menjadwal ulang apabila telah menerima permohonan uji berkala kolektif dan harus menghubungi pihak ketiga. Tujuan penelitian untuk mencari solusi agar pengguna dapat melakukan pembatalan dan penjadwalan ulang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Melalui 5 tahapan berpikir desain yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Penerapan Design Thinking menghasilkan penemuan masalah, pembuatan prototype, pengujian dan umpan balik berupa UI/UX. Hasil umpan balik pengguna melalui user experience questioner (UEQ) tercatat enam aspek yaitu daya tarik mendapat nilai 1,56 (di atas rata-rata), aspek visibilitas mendapat nilai 1,42 (di atas rata-rata), aspek efisiensi mendapat nilai 1,51 (baik ), aspek ketergantungan mendapat skor 1,54 (baik), aspek stimulasi mendapat skor 1,29 (di atas rata-rata), dan aspek kebaruan mendapat skor 0,91 (di atas rata-rata) dan disimpulkan sesuai dengan keinginan pengguna. Penelitian lanjutan dari hasil perancangan ini dapat diimplementasikan dalam bentuk website aplikasi E-kir berbasis web, sehingga website ini dapat dijalankan dan digunakan oleh UP PKB Pulogadung untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
S. Sahara and M. Faizin, “Evaluasi Pelaksanaan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Topsis di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung DKI Jakarta,” Logistik, vol. 16, no. 01, pp. 23–41, 2023, doi: 10.21009/logistik.v16i01.34180.
K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Temat. J. Teknol. Inf. Komun., vol. 9, no. x, pp. 70–78, 2022.
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020.
R. S. Hardinata, I. Sulistianingsih, R. F. Wijaya, and A. M. Rahma, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Rekam Medis Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Puskesmas Simeulue Tengah),” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 112–118, Dec. 2022, doi: 10.31539/intecoms.v5i2.5013.
S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada CV. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, Feb. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.
D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10484–10493, 2019.
H. Sutisna and A. B. Hikmah, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2022.
R. A. Almayda and A. Luthfi, “Perancangan Aplikasi Ayo Beraksi Dengan Metode Design Thinking,” AUTOMATA, vol. 3, no. 2, Aug. 2022, Accessed: Oct. 19, 2023. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24128
N. N. Mazaya and S. Suliswaningsih, “Perancangan UI/UX Aplikasi ‘Dengerin’ Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 12, no. 2, pp. 39–49, 2023, doi: 10.34010/komputa.v12i2.10157.
M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.
D. Feriano, N. R. Oktadini, A. Meiriza, P. E. Sevtiyuni, and P. Putra, “Analisis User Experience Aplikasi Disney+ Hotstar dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, pp. 1641–1650, Dec. 2023, doi: 10.30865/KLIK.V4I3.1470.
S. R. Henim and R. P. Sari, “User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. Vol. 6 No. 1 (2020), pp. 69–78, 2020, doi: 10.35143/jkt.v6i1.3582.
M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. …, vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193
I. M. Putra and D. R. Indah, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 688–697, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.872.
H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.
S. Putro, M. P. Kurniawan, and K. Kunci -Lapor Bantul, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 6, no. 1, pp. 27–37, Apr. 2020, doi: 10.24076/CITEC.2019V6I1.242.