ANALISA APLIKASI E-KIR DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PULOGADUNG

Main Article Content

Gunawan Setyo Nugroho
Oky Irnawati

Abstract

Unit pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung adalah instansi pemerintahan yang bergerak dalam bidang pelayanan publik terkait uji laik jalan kendaraan bermotor pertama dan uji berkala yang rutin dilakukan setiap 6 bulan. Permasalahan yang terjadi adalah pengguna, tidak dapat membatalkan atau menjadwal ulang apabila telah menerima permohonan uji berkala kolektif dan harus menghubungi pihak ketiga. Tujuan penelitian untuk mencari solusi agar pengguna dapat melakukan pembatalan dan penjadwalan ulang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking. Melalui 5 tahapan berpikir desain yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Penerapan Design Thinking menghasilkan penemuan masalah, pembuatan prototype, pengujian dan umpan balik berupa UI/UX. Hasil umpan balik pengguna melalui user experience questioner (UEQ) tercatat enam aspek yaitu daya tarik mendapat nilai 1,56 (di atas rata-rata), aspek visibilitas mendapat nilai 1,42 (di atas rata-rata), aspek efisiensi mendapat nilai 1,51 (baik ), aspek ketergantungan mendapat skor 1,54 (baik), aspek stimulasi mendapat skor 1,29 (di atas rata-rata), dan aspek kebaruan mendapat skor 0,91 (di atas rata-rata) dan disimpulkan sesuai dengan keinginan pengguna. Penelitian lanjutan dari hasil perancangan ini dapat diimplementasikan dalam bentuk website aplikasi E-kir berbasis web, sehingga website ini dapat dijalankan dan digunakan oleh UP PKB Pulogadung untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

ANALISA APLIKASI E-KIR DENGAN METODE DESIGN THINKING PADA UNIT PENGELOLA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR PULOGADUNG. (2024). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 13(2), 1-11. https://doi.org/10.34010/komputa.v13i2.12440

References

S. Sahara and M. Faizin, “Evaluasi Pelaksanaan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor Menggunakan Metode Topsis di Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor Pulogadung DKI Jakarta,” Logistik, vol. 16, no. 01, pp. 23–41, 2023, doi: 10.21009/logistik.v16i01.34180.

K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Temat. J. Teknol. Inf. Komun., vol. 9, no. x, pp. 70–78, 2022.

I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi HapSari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Cl,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020.

R. S. Hardinata, I. Sulistianingsih, R. F. Wijaya, and A. M. Rahma, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Rekam Medis Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Puskesmas Simeulue Tengah),” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 112–118, Dec. 2022, doi: 10.31539/intecoms.v5i2.5013.

S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada CV. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, Feb. 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.

D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10484–10493, 2019.

H. Sutisna and A. B. Hikmah, “Perancangan Desain Antarmuka Aplikasi Pembelajaran Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2022.

R. A. Almayda and A. Luthfi, “Perancangan Aplikasi Ayo Beraksi Dengan Metode Design Thinking,” AUTOMATA, vol. 3, no. 2, Aug. 2022, Accessed: Oct. 19, 2023. [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/24128

N. N. Mazaya and S. Suliswaningsih, “Perancangan UI/UX Aplikasi ‘Dengerin’ Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 12, no. 2, pp. 39–49, 2023, doi: 10.34010/komputa.v12i2.10157.

M. A. D. Pratama, Y. R. Ramadhan, and T. I. Hermanto, “Rancangan UI/UX Design Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Pada Sekolah Menengah Atas Menggunakan Metode Design Thinking,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 4, p. 980, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i4.4442.

D. Feriano, N. R. Oktadini, A. Meiriza, P. E. Sevtiyuni, and P. Putra, “Analisis User Experience Aplikasi Disney+ Hotstar dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 3, pp. 1641–1650, Dec. 2023, doi: 10.30865/KLIK.V4I3.1470.

S. R. Henim and R. P. Sari, “User Experience Evaluation of Student Academic Information System of Higher Education Using User Experience Questionnaire,” J. Komput. Terap., vol. 6, no. Vol. 6 No. 1 (2020), pp. 69–78, 2020, doi: 10.35143/jkt.v6i1.3582.

M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. …, vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193

I. M. Putra and D. R. Indah, “Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 6, pp. 688–697, 2023, doi: 10.30865/klik.v3i6.872.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.

S. Putro, M. P. Kurniawan, and K. Kunci -Lapor Bantul, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 6, no. 1, pp. 27–37, Apr. 2020, doi: 10.24076/CITEC.2019V6I1.242.