ANALISIS DAN EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA AMetative HLE DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE
Main Article Content
Abstract
Adaptive Metakognitive Hypermedia Learning Environment yang disingkat AMetative HLE merupakan sebuah aplikasi berbasis website yang melakukan klasifikasi kemampuan berdasarkan metakognisi. Aplikasi ini memiliki lima fitur utama di sisi pengguna, termasuk pengisian kuesioner, histori pengisian kuesioner, hasil klasifikasi kemampuan, unduhan hasil klasifikasi kemampuan, dan profil pengguna. Fokus penelitian ini ada pada tingkat kenyamanan pengguna dari perspektif User Experience, untuk itu dilakukan evaluasi pengalaman pengguna AMetative HLE dengan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Kelebihan dari UEQ terletak pada kelengkapan aspeknya, melibatkan daya tarik, kualitas pragmatis, dan kualitas hedonis. Untuk memudahkan pengukuran UEQ, disediakan juga Data Analysis Tool dalam format Excel. Evaluasi melibatkan sebuah populasi sebanyak 45 data. Proses evaluasi dilakukan dengan memberikan kuesioner UEQ kepada pengguna (mahasiswa semester 1, 3 dan 5). Hasil evaluasi UEQ menunjukkan penilaian yang positif, dengan nilai rata-rata daya tarik sebesar 2,39, kejelasan sebesar 2,04, efisiensi sebesar 1,69, ketepatan sebesar 1,51, stimulasi sebesar 1,46, dan kebaruan sebesar 1,43. Analisis untuk kualitas pragmatis dan hedonis juga mendapatkan penilaian yang baik, masing-masing dengan nilai rata-rata 1,75 dan 1,45. Analisis benchmark menunjukkan nilai sebesar 1,75, yang dapat dianggap sebagai kualitas baik. Dengan menggunakan UEQ, evaluasi menunjukkan bahwa pengalaman pengguna dari AMetative HLE dapat dianggap baik, dengan nilai rata-rata di atas 1.
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
B. B. Yusuf, “Konsep dan indikator pembelajaran efektif,” J. Kaji. Pembelajaran dan keilmuan, vol. 1, no. 2, pp. 13–20, 2017.
B. C. Howard, S. Mcgee, R. Shia, and N. S. Hong, “Metacognitive Self-Regulation and Problem-Solving: Expanding,” 2000, doi: 10.1158/1541-7786.MCR-15-0346.
I. D. Sabukunze and A. Arakaza, “User Experience Analysis on Mobile Application Design Using User Experience Questionnaire,” Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 1, pp. 15–26, 2021.
M. Schrepp, “User experience questionnaire handbook,” All you need to know to apply UEQ successfully your Proj., 2015.
H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, Y. Utomo, and B. Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment,” J. Educ. Online-JEO, vol. 13, no. 1, pp. 58–79, 2016, doi: 10.9743/JEO.2016.1.5.
W. Ariannor and S. Abidah, “Evaluasi User Experience Sistem E-Learning Menerapkan User Experience Questionaire,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 2, p. 383, 2022, doi: 10.35889/jutisi.v11i2.902.
S. Y. R. Marpaung and N. Nuraeni, “Evaluasi User Experience Website E-Learning My-Elnusa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Swabumi, vol. 11, no. 1, pp. 78–84, 2023, doi: 10.31294/swabumi.v11i1.15354.
M. Q. Laksono, S. S. Kusumawardani, and R. Ferdiana, “Evaluating User Experience on E-learning using the User Experience Questionnaire (UEQ) with Additional Functional Scale,” no. Conrist 2019, pp. 18–24, 2020, doi: 10.5220/0009339900180024.
S. V. Izabal, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Focus Group Discussion ( FGD ) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, pp. 3224–3232, 2018.
B. Laugwitz, T. Held, and M. Schrepp, “Construction and Evaluation of a User Experience Questionnaire BT - HCI and Usability for Education and Work,” 2008, pp. 63–76.
A. Bangor, P. T. Kortum, and J. T. Miller, “An empirical evaluation of the system usability scale,” Int. J. Hum. Comput. Interact., 2008, doi: 10.1080/10447310802205776.
B. Laugwitz, T. Held, dan M. Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,” Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), vol. 5298 LNCS, hal. 63–76, 2008.
Santoso, H. B., Isal, R. Y. K., Basaruddin, T., Sadita, L., & Schrepp, M. (2014, September). Research-in-progress: User experience evaluation of Student Centered E-Learning Environment for computer science program. 2014 3rd International Conference on User Science and Engineering (i-USEr).
M. Rauschenberger, M. Schrepp, J. Thomaschewski, S. Olschner, dan M. Perez-Cota, “Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version,” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 2, no. 1, hal. 39, 2013.
A. Sularsa dan A. S. Prihatmanto, “Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 2, no. 2, hal. 56–62, 2015.
M. Schrepp, A. Hinderks, dan J. Thomaschewski,“Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ),” International Journal of InteractiveMultimedia and Artificial Intelligence, vol. 4, no. 4, hal. 40,2017.
M. Audi, R. I. Rokhmawati, dan H. M. Az-zahra, “AnalisisAspek Usability dan User Experience Website dan Aplikasi Mobile Radio Streaming ( Studi Pada Website dan Aplikasi Mobile Radio Prambors ),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, vol. 2, no. 12, hal. 6391–6400, 2018.
V. Blanes-Selva, S. Asensio-Cuesta, A. Doñate-Martínez, F. P. Mesquita, and J. M. García-Gómez, “Validating a Clinical Decision Support System for Palliative Care using healthcare professionals’ insights,” medRxiv, 2022.
A. HESHMATI, N. Moftian, P. Rezaei-Hachesu, and T. Samad-Soltani, “Simple andefficient measurement of the user experience in health information systems: A persianversion,” Iran. J. Public Health, vol. 50, no. 1, p. 217, 2021.
S. Stumpp, T. Knopf, and D. Michelis, “User experience design with augmented reality (AR),” 2019.