[2] N. Cannavaro, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Akademik Menggunakan Platform RASA Open Source dengan Fitur Two Stage Fallback,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 53–64, Jun. 2023, doi: 10.54082/jiki.73.
[3] E. N. S. C. P and I. Afrianto, “RANCANG BANGUN APLIKASI CHATBOT INFORMASI OBJEK WISATA KOTA BANDUNG DENGAN PENDEKATAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 49–54, Mar. 2015, doi: 10.34010/komputa.v4i1.2410.
[4] G. Guntoro, Loneli Costaner, and L. Lisnawita, “Aplikasi Chatbot untuk Layanan Informasi dan Akademik Kampus Berbasis Artificial Intelligence Markup Language (AIML),” Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 2, pp. 291–300, Nov. 2020, doi: 10.31849/digitalzone.v11i2.5049.
[5] I. G. R. Kusnanda, I. M. Sukarsa, and A. A. N. H. Susila, “Perancangan Chatbot Hotel dengan Model Natural Language Processing Chatbot dan Button Based Chatbot,” JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 3, no. 1, p. 711, Jan. 2022, doi: 10.24843/JTRTI.2022.v03.i01.p06.
[6] A. Cucus, R. Y. Endra, and T. Naralita, “CHATTER BOT UNTUK KONSULTASI AKADEMIK DI PERGURUAN TINGGI,” Explore: Jurnal Sistem informasi dan telematika, vol. 10, no. 1, Jun. 2019, doi: 10.36448/jsit.v10i1.1214.
[7] V. R. Prasetyo, N. Benarkah, and V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya,” Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 114–121, Jul. 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.370.
[8] R. Khoirunisa, “Penggunaan Natural Language Processing Pada Chatbot Untuk Media Informasi Pertanian,” Indonesian Journal of Applied Informatics, vol. 4, no. 2, p. 55, Aug. 2020, doi: 10.20961/ijai.v4i2.38688.
[9] I. N. S. Paliwahet, I. M. Sukarsa, and I. K. Gede Darma Putra, “Pencarian Informasi Wisata Daerah Bali Menggunakan Teknologi Chatbot,” Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, p. 144, Dec. 2017, doi: 10.24843/LKJITI.2017.v08.i03.p01.
[10] T. A. Zuraiyah, D. K. Utami, and D. Herlambang, “IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, pp. 91–101, Apr. 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i2.2388.
[11] I. K. Resika Arthana, L. J. E. Dewi, K. A. Seputra, and N. W. Marti, “UNDIKSHA VIRTUAL ASSISTANT (SHAVIRA): INTEGRATION FREQUENCY ASKED QUESTION WITH RASA FRAMEWORK,” JST (Jurnal Sains dan Teknologi), vol. 10, no. 2, pp. 264–273, Nov. 2021, doi: 10.23887/jstundiksha.v10i2.39863.
[12] M. Furqan, S. Sriani, and M. N. Shidqi, “Chatbot Telegram Menggunakan Natural Language Processing,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 5, no. 1, pp. 15–26, Jun. 2023, doi: 10.21580/wjit.2023.5.1.14793.
[13] W. Steven Dharmawan et al., “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Administrasi Keuangan Berbasis Desktop,” vol. VI, no. 2, 2018.
[14] Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika, vol. 4, no. 1, Nov. 2017, doi: 10.26905/jtmi.v4i1.1605.
[15] M. R. Sholahuddin and F. Atqiya, “Sistem Tanya Jawab Konsultasi Shalat Berbasis RASA Natural Language Understanding (NLU),” Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence), vol. 3, no. 2, pp. 93–102, Dec. 2021, doi: 10.17509/edsence.v3i2.38732.
[16] D. G. S. Ruindungan and A. Jacobus, “Chatbot Development for an Interactive Academic Information Services using the Rasa Open Source Framework,” Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 61–68, Apr. 2021.
[17] W. Hadikurniawati, S. Wijono, D. Manongga, I. Sembiring, and K. D. Hartomo, “Toddler Stunting Consulting Chatbot using Rasa Framework,” Jurnal Rekayasa Elektrika, vol. 19, no. 4, Dec. 2023, doi: 10.17529/jre.v19i4.33014.
[18] A. Rachman, I. Mardhiyah, and M. Jannah, “Implementasi Chatbot FAQ pada Aplikasi Monev Kinerja Direktorat Jenderal Anggaran Menggunakan Framework Rasa Open Source,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 62–72, Aug. 2023.
[19] Sindy Nova, Nurul Khotimah, and Maria Y Aryati Wahyuningrum, “PEMANFAATAN CHATBOT MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PEMBELAJARAN DASAR-DASAR GUI TKINTER PADA BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 3, no. 1, pp. 58–65, Jan. 2024, doi: 10.56127/juit.v3i1.1162.
[20] S. Wibawa, “Analisis Chatbot Otomatisasi Tugas Administratif dan Manajemen Dalam Lingkungan Digital Dengan Menggunakan Python,” INSANTEK, vol. 4, no. 1, pp. 25–31, May 2023, doi: 10.31294/insantek.v4i1.2190.
[21] M. Reynaldi, S. Al Khairi, N. G. Hendarman, and F. I. Nugroho, “Sistem Informasi Berbasis Bot Telegram Sebagai Media Sosialisasi Keselamatan Berkendara,” Journal of Software Engineering, Information and Communication Technology (SEICT), vol. 1, no. 1, pp. 27–32, Mar. 2022, doi: 10.17509/seict.v1i1.29378.
[22] A. D. Mulyanto, “Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian,” MATICS, vol. 12, no. 1, p. 49, Apr. 2020, doi: 10.18860/mat.v12i1.8847.
[23] Eka Yuniar and Heri Purnomo, “IMPLEMENTASI CHATBOT ‘ALITTA’ ASISTEN VIRTUAL DARI BALITTAS SEBAGAI PUSAT INFORMASI DI BALITTAS,” Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 13, no. 1, pp. 24–35, May 2019, doi: 10.35457/antivirus.v13i1.714.
- Abstract viewed - 93 times
- pdf (Bahasa Indonesia) downloaded - 52 times
Affiliations
Irsan Nur Hidayat
Universitas Esa Unggul
Daniel Christanto
Affiliation not stated
Ahmad Nur Rifai
Affiliation not stated
Muhamad Bahrul Ulum
Universitas Esa Unggul
How to Cite
IMPLEMENTASI RASA FRAMEWORK PADA CHATBOT LAYANAN AKADEMIK (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul)
Vol 13 No 2 (2024): Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika
Abstract
Pelayanan harus dilakukan dengan baik oleh setiap organisasi kepada setiap pemangku kepentingan yang ada. Akan tetapi, manusia tidaklah sanggup untuk memberikan pelayanan secara penuh selama 24 jam dalam sehari. Oleh karena itu, diperlukan penggunaan teknologi untuk membantu organisasi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para pemangku kepentingannya. Salah satunya adalah dengan menggunakan Chatbot. Chatbot merupakan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah komputer dapat melakukan dialog dengan manusia. Dalam penelitian ini, sebuah Chatbot Layanan Akademik dibangun dengan studi kasus Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Chatbot yang dibangun dengan metode penelitian SDLC Waterfall ini menggunakan RASA Framework dan diintegrasikan ke dalam Telegram dengan menggunakan fitur Bot Telegram. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, chatbot dapat menjawab setiap pertanyaan yang diberikan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Selain itu, chatbot juga telah berhasil diintegrasikan ke dalam Telegram, sehingga, dapat melayani pertanyaan dari setiap pemangku kepentingan dari Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul, kapanpun dan di manapun mereka berada.