Perancangan UI/UX Pada Prototipe Website Perusahaan Menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus: PT. Real Media Lab)

Main Article Content

Rosaline Theophilia Tayane
Firsta Angelia Islami
susi Marianingsih

Abstract

Visibilitas online suatu perusahaan adalah hal yang cukup penting dalam era digital saat ini, terutama untuk mempromosikan produk dan menjangkau pelanggan lebih luas. Salah satu sarana untuk mewujudkannya adalah website perusahaan. Perancangan website sebagai media informasi, promosi dan komunikasi tanpa pengenalan dan pemahaman aspek psikologis akan menghasilkan sebuah sistem yang gagal. Membangun website dengan antar muka (user interface/UI) yang menarik akan menciptakan pengalaman pengguna (user experience/UX)  yang baik. Untuk menghasilkan UI website yang baik diperlukan sebuah standar yang akan menjadi tolak ukur dalam perancangan sistem nyata, dalam hal ini adalah prototipe. Selain sebagai standar, prototipe bisa dijadikan sebagai alat pengujian kinerja sistem sebelum diterapkan. Metode yang digunakan dalam perancangan prototipe UI pada penelitian ini adalah metode design sprint. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan survey terhadap pemangku kepentingan (pimpinan perusahaan), pegawai, dan konsumen yang terlibat secara aktif dalam sistem di perusahaan untuk menggali kebutuhan dari pengguna.  Berdasarkan kebutuhan pengguna maka dirancang prototipe website perusahaan. Pengujian prototipe meliputi pengujian usability, content, aesthetics, dan quality of information. Pengujian melibatkan 16 responden. Hasil pengujian menunjukan rata-rata 60% pengguna memberikan respon positif.

Article Details

Section

Articles

Author Biographies

Rosaline Theophilia Tayane, Jayapura University of Science and Technology

Information Systems Study Program, Faculty of Management and Computer Science

Firsta Angelia Islami, Kent Bogor Polytechnic

Computer Engineering study program, Kent Bogor Polytechnic

How to Cite

Perancangan UI/UX Pada Prototipe Website Perusahaan Menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus: PT. Real Media Lab). (2024). Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 13(1), 92-102. https://doi.org/10.34010/komputa.v13i1.11345

References

S. Nayeri, Z. Sazvar, and J. Heydari, “Designing an IoT-enabled supply chain network considering the perspective of the Fifth Industrial Revolution: Application in the medical devices industry,” Eng. Appl. Artif. Intell., vol. 122, p. 106113, Jun. 2023, doi: 10.1016/j.engappai.2023.106113.

D. Zhao, “Design and research on industry user experience in Internet financial network,” Optik, vol. 273, p. 170422, Feb. 2023, doi: 10.1016/j.ijleo.2022.170422.

S. Marianingsih and A. A. Supianto, “Mobile Application Sales of Handicraft Products of Papua,” in 2018 International Conference on Sustainable Information Engineering and Technology (SIET), Malang, Indonesia: IEEE, Nov. 2018, pp. 162–167. doi: 10.1109/SIET.2018.8693147.

A. Keselj, M. Milicevic, K. Zubrinic, and Z. Car, “The Application of Deep Learning for the Evaluation of User Interfaces,” Sensors, vol. 22, no. 23, p. 9336, Nov. 2022, doi: 10.3390/s22239336.

K. M. P. Escanillan-Galera and C. M. Vilela-Malabanan, “Evaluating on User Experience and User Interface (UX/UI) of EnerTrApp a Mobile Web Energy Monitoring System,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 1225–1232, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.236.

Y. Yanfi and P. D. Nusantara, “UI/UX design prototype for mobile community-based course,” Procedia Comput. Sci., vol. 216, pp. 431–441, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2022.12.155.

E. Yigitbas, J. Klauke, S. Gottschalk, and G. Engels, “End-user development for interactive web-based virtual reality scenes,” J. Comput. Lang., vol. 74, p. 101187, Jan. 2023, doi: 10.1016/j.cola.2022.101187.

R. Alexander, N. Thompson, T. McGill, and D. Murray, “The Influence of User Culture on Website Usability,” Int. J. Hum.-Comput. Stud., vol. 154, p. 102688, Oct. 2021, doi: 10.1016/j.ijhcs.2021.102688.

erma Susanti, “PENGEMBANGAN UI/UX PADA APLIKASI M-VOTING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” Conf. Workshop Item Pap..

J. Choma, E. M. Guerra, A. Alvaro, R. Pereira, and L. Zaina, “Influences of UX factors in the Agile UX context of software startups,” Inf. Softw. Technol., vol. 152, p. 107041, Dec. 2022, doi: 10.1016/j.infsof.2022.107041.

N. Yu and J. Kong, “User experience with web browsing on small screens: Experimental investigations of mobile-page interface design and homepage design for news websites,” Inf. Sci., vol. 330, pp. 427–443, Feb. 2016, doi: 10.1016/j.ins.2015.06.004.

L. Liao, Y. Liang, H. Li, Y. Ye, and G. Wu, “A systematic review of global research on natural user interface for smart home system,” Int. J. Ind. Ergon., vol. 95, p. 103445, May 2023, doi: 10.1016/j.ergon.2023.103445.

L. Alabood, Z. Aminolroaya, D. Yim, O. Addam, and F. Maurer, “A systematic literature review of the Design Critique method,” Inf. Softw. Technol., vol. 153, p. 107081, Jan. 2023, doi: 10.1016/J.INFSOF.2022.107081.

K. M. P. Escanillan-Galera and C. M. Vilela-Malabanan, “Evaluating on user experience and user interface (UX/UI) of Enertrapp a mobile web energy monitoring system,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 1225–1232, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.236.

J. H. Hitchcock and A. C. Davis, “Mixed methods in survey research,” Int. Encycl. Educ. Ed., pp. 666–677, Jan. 2023, doi: 10.1016/B978-0-12-818630-5.11067-X.

J. Yang, “An empirical survey of statistical research methods in applied science,” J. King Saud Univ. - Sci., vol. 34, no. 4, p. 102008, Jun. 2022, doi: 10.1016/J.JKSUS.2022.102008.