Abstract

Visibilitas online suatu perusahaan adalah hal yang cukup penting dalam era digital saat ini, terutama untuk mempromosikan produk dan menjangkau pelanggan lebih luas. Salah satu sarana untuk mewujudkannya adalah website perusahaan. Perancangan website sebagai media informasi, promosi dan komunikasi tanpa pengenalan dan pemahaman aspek psikologis akan menghasilkan sebuah sistem yang gagal. Membangun website dengan antar muka (user interface/UI) yang menarik akan menciptakan pengalaman pengguna (user experience/UX)  yang baik. Untuk menghasilkan UI website yang baik diperlukan sebuah standar yang akan menjadi tolak ukur dalam perancangan sistem nyata, dalam hal ini adalah prototipe. Selain sebagai standar, prototipe bisa dijadikan sebagai alat pengujian kinerja sistem sebelum diterapkan. Metode yang digunakan dalam perancangan prototipe UI pada penelitian ini adalah metode design sprint. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan survey terhadap pemangku kepentingan (pimpinan perusahaan), pegawai, dan konsumen yang terlibat secara aktif dalam sistem di perusahaan untuk menggali kebutuhan dari pengguna.  Berdasarkan kebutuhan pengguna maka dirancang prototipe website perusahaan. Pengujian prototipe meliputi pengujian usability, content, aesthetics, dan quality of information. Pengujian melibatkan 16 responden. Hasil pengujian menunjukan rata-rata 60% pengguna memberikan respon positif.