Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik di SDN 1 Margadadi dalam membaca dan menulis bahasa Jawa Indramayu. Alur yang dilakukan yaitu melakukan observasi dan pengumpulan data, selanjutnya menganalisis permasalahan yang ada dengan mendapatkan data nilai kelas V dari kurun waktu 2 tahun yang lalu dalam materi menulis dan membaca bahasa jawa Indramayu, masih terdapat banyak peserta didik yang meraih nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal, didapatkanlah sebuah solusi dengan membuat game edukasi Pembelajaran Bahasa Jawa Indramayu adapun metode penelitian yang digunakan terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis masalah, analisis game yang akan dibangun, perancangan sistem, implementasi dan pengujian sistem dan yang terakhir kesimpulan dan saran, game edukasi ini menggunakan metode pembelajaran Visual, Audio dan Kinestetik pada materi didalamnya. Dari hasil pengujian terhadap pengguna dengan menggunakan responden sebanyak 10 siswa, hasil menunjukan bahwa total rata-rata waktu yang didapatkan pada pengujian menulis aksara jawa sebesar 13,63 detik, lebih cepat daripada menulis manual dengan waktu yang digunakan yaitu 27,03 detik, dengan waktu lebih lama pada huruf  Nyo yaitu 16 detik karena didalam pengujianya hanya 7 responden yang berhasil mengerjakan, berikutnya hasil pengujian pemahaman bahasa Jawa Indramayu dengan nilai rata-rata sudah diatas Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75% dengan rata-rata nilai pada level normal di game sebesar 84,6% dan rata-rata nilai pada level sulit di game sebesar 81,4%.