Abstract

Penjualan produk piyama di platform i_docraft belumlah mengoptimalkan potensi algoritma data mining untuk menganalisis data transaksi guna meningkatkan efisiensi penjualan. Dalam rangka menghindari pola penjualan yang kurang diminati dan untuk mengidentifikasi jenis piyama yang paling diminati, penerapan algoritma apriori menjadi penting. Melalui algoritma ini, analisis data transaksi dapat dilakukan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode data mining menggunakan algoritma apriori guna mengidentifikasi piyama yang memiliki tingkat penjualan tertinggi dan diharapkan dapat membantu dalam mengidentifikasi model-model piyama yang perlu diprioritaskan dalam stok serta merumuskan strategi pemasaran untuk jenis piyama lainnya berdasarkan analisis perbandingan penjualan. Data yang telah diolah akan menghasilkan aturan asosiasi terkait penjualan piyama secara bersamaan. Dari hasil akhir analisis, aturan asosiasi yang memenuhi syarat minimum support dan confidence telah diidentifikasi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini dengan tingkat support sebesar 22,58% dan tingkat confidence 100%, jika terjadi pembelian produk dengan kode barang 7 (Daster Cherrypie), kemungkinan besar akan diikuti dengan pembelian produk dengan kode barang 17 (3 in 1 set Lotso).