Abstract

Salah satu teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi ke lingkungan nyata secara real time adalah Augmented Reality (AR). Salah satu sektor bisnis yang mengalami perkembangan pesat adalah bisnis perumahan. Untuk memudahkan pelanggan dalam melihat spesifikasi dan contoh perumahan, diperlukan visualisasi objek 3D dengan fitur rotasi, yang memungkinkan pengguna untuk melihat interior setiap ruangan, serta mengubah warna rumah sesuai keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality untuk katalog penjualan rumah di Perumahan Griya Permata 2 Tanjungsari. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox testing telah selesai dilakukan pada aplikasi dan menunjukkan bahwa aplikasi ini berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang direncanakan. Namun, hasil Test intensitas cahaya, oklusi, dan jarak lacak menunjukkan bahwa proses pendeteksian memengaruhi hasil deteksi marker. Jarak maksimal pendeteksian adalah 100 cm, di mana pada jarak tersebut aplikasi akan mengalami kesulitan dalam melacak objek dan marker tidak dapat dideteksi hingga oklusi mencapai 75%. Penerapan teknologi Augmented Reality merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dalam bisnis perumahan. Penggunaan teknologi Augmented Reality memberikan pengalaman interaktif dan realistis bagi calon pembeli, membantu memperluas jangkauan pemasaran, dan dapat meningkatkan daya tarik katalog perumahan.


Kata kunci : Augmented Reality, Marker Based Tracking, Android, Media Pemasaran