Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Berbasis Android
Main Article Content
Abstract
Salah satu teknologi yang menggabungkan objek tiga dimensi ke lingkungan nyata secara real time adalah Augmented Reality (AR). Salah satu sektor bisnis yang mengalami perkembangan pesat adalah bisnis perumahan. Untuk memudahkan pelanggan dalam melihat spesifikasi dan contoh perumahan, diperlukan visualisasi objek 3D dengan fitur rotasi, yang memungkinkan pengguna untuk melihat interior setiap ruangan, serta mengubah warna rumah sesuai keinginan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi Augmented Reality untuk katalog penjualan rumah di Perumahan Griya Permata 2 Tanjungsari. Hasil pengujian menggunakan metode blackbox testing telah selesai dilakukan pada aplikasi dan menunjukkan bahwa aplikasi ini berjalan sesuai dengan fungsionalitas yang direncanakan. Namun, hasil Test intensitas cahaya, oklusi, dan jarak lacak menunjukkan bahwa proses pendeteksian memengaruhi hasil deteksi marker. Jarak maksimal pendeteksian adalah 100 cm, di mana pada jarak tersebut aplikasi akan mengalami kesulitan dalam melacak objek dan marker tidak dapat dideteksi hingga oklusi mencapai 75%. Penerapan teknologi Augmented Reality merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan efektivitas pemasaran dalam bisnis perumahan. Penggunaan teknologi Augmented Reality memberikan pengalaman interaktif dan realistis bagi calon pembeli, membantu memperluas jangkauan pemasaran, dan dapat meningkatkan daya tarik katalog perumahan.
Kata kunci : Augmented Reality, Marker Based Tracking, Android, Media Pemasaran
Article Details
Section
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini setuju pada persyaratan berikut ini:
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama, dengan pekerjaan 6 bulan setelah penerbitan secara simultan dengan lisensi di bawah: Creative Commons Attribution License yang memudahkan yang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non-ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).
How to Cite
References
L. C. Adiputri, M. N. Fauzan, and N. Riza, Tutorial Pembuatan Protipe Prediksi Ketinggian Air (PKA) Dan Augmented Reality Berbasis IoT Versi 2. in Internet of Things. Kreatif, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=RRH9DwAAQBAJ
J. Enterprise, Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Elex Media Komputindo, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=OE9JDwAAQBAJ
D. Sudiadi, Pencegahan Kejahatan di Perumahan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2015. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=NFhIDAAAQBAJ
G. Bradski and A. Kaehler, Learning OpenCV: Computer Vision with the OpenCV Library. O’Reilly Media, 2008. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=seAgiOfu2EIC
S. Maulana, T. Suryana, P. Studi, T. Informatika, U. K. Indonesia, and A. Mobile, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Development Of Android-Based Augmented Reality Applications To Simulate Tile Products To Consumers In Building Materials Shops,” vol. 3, pp. 1–8, 2023.
A. Saputra Informatika, “Visualisasi Arsitektur 3 Dimensi Pada Perumahan Jati Agung Permai,” 2022.
A. F. Rojiq and B. R. Fajri, “Rancang Bangun Augmented Reality 3 Dimensi untuk Promosi Perumahan Archivelo,” 2023.
B. S. M. Pinontoan, Designing Information System. Elex Media Komputindo. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=45jQWqrSQRIC
E. F. Harahap, S. Adisuwiryo, and R. Fitriana, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. in Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. wawasan Ilmu. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=XqCLEAAAQBAJ
M. Muslihudin, A. Pramesta, and C. V. A. OFFSET, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Penerbit Andi. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=2SU3DgAAQBAJ
A. D. P. Rusman and U. Suwardoyo, Penerapan Sistem Informasi Berbasis IT Pengolahan Data Rekam Medis untuk Peningkatan Pelayanan di Rumah Sakit. Penerbit NEM, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=8XCAEAAAQBAJ
Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Grasindo. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=awC2247vPUkC
S. K. M. S. Dr. H. John Friadi, M. S. Dodi Putra Yani. S. Kom., and Y. G. M. Batam, Sistem Informasi Manajemen Di Era Disrupsi (Konsep dan Implementasi). Yayasan Gelora Madani Batam, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=vIdmEAAAQBAJ
R. Habibi and R. Aprilian, Tutorial dan penjelasan aplikasi e-office berbasis web menggunakan metode RAD. in RAD. Kreatif, 2020. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=h5PuDwAAQBAJ
S. Self, S. Pemesanan, M. Di, and R. Berbasis, “Analisis System Usability Scale (Sus) Dan Perancangan Sistem Self Service Pemesanan Menu Di Restoran Berbasis Web,” vol. 21, no. 1, pp. 3–8, 2023.