Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat disebabkan oleh kemudahan penggunaan teknologi, terutama di bidang hiburan. Di bidang hiburan, musik tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat dari anak-anak hingga orangtua. Dengan kemajuan digital dan teknologi internet, musik dapat didengarkan oleh jutaan penikmat musik dari seluruh dunia. Aplikasi musik tentunya berguna sebagai hiburan untuk meningkatkan mood atau meredakan stres dan menambah semangat. Aplikasi musik dapat meningkatkan minat dan menarik perhatian pengguna agar terus menggunakannya atau berkurang karena bosan menggunakannya. Permasalahan yang sering terjadi saat mendengarkan musik diantaranya tidak user friendly, harga yang cukup mahal apalagi untuk mahasiswa atau pelajar dan juga kurang menariknya layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan minat pengguna dan tetap menarik menggunakan sebuah aplikasi musik.  Oleh karena itu, penulis mencoba merancang sebuah aplikasi musik yaitu Aplikasi Dengerin. Perancangan ini menggunakan metode Design Thinking karena dapat menghasilkan solusi yang kreatif. Pada pengujian menggunakan System Usability Testing (SUS) dengan memperoleh skor 77,5. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan antarmuka aplikasi “Dengerin” berbasis mobile yang dirancang menggunakan figma.