PENENTUAN JENIS PROMOSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
Keywords:
Customer relationship management, promosi, bauran promosiAbstract
PT.X adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan makanan ringan yang memiliki inovasi dalam perkembangan produknya. Kesulitan yang dialami, adalah dalam menentukan jenis promosi yang tepat untuk dilakukan di perus-ahaan. Hal ini dapat kita atasi dengan melakukan analisis bauran promosi menggunakan regresi berganda untuk mengetahui jenis proposi yang lebih efektif dan berdampak baik pada perusahaan.
Bauran promosi adalah kombinasi dari penjualan tatap muka, periklanan, pro-mosi penjualan, publisitas dan hubungannya yang membantu pencapaian tujuan perusahaan. Kebijakan yang ditempuh dalam bauran promosi perus-ahaan adalah Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas, dan Pemasarang Langsung. Kelima hal tersebut akan dimasukan kedalam analisis promosi. Berdasarkan hasil analisis periklanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap volume penjualan, penjualan pribadi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, promosi penjualan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, promosi penjualan ber-pengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, pemasaran lang-sung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap volume penjualan
Dari hasil pengolahan analisis bauran promosi menggunakan regresi berganda disimpulkan bahwa penjualan pribadi dan promosi penjualan memiliki nilai lebih daripada publisitas, periklanan dan pemasaran langsung meskipun hasil-nya tidak signifikan terhadap volume penjualan.
References
William J. Stanton , Prinsip Pemasaran, pen-erbit, 1996
D. H. N. H. Abdurrahman, S.E., Ak., M.M. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran, 1 penyunt., Bandung: CV Pustaka Setia
P. R. Kurnia, A. Permas dan M. S. Rusli, 2012. New Customer Relationship Management untuk Memenangkan Persaingan, Jakarta: PPM
Halid, Muhammad Irham, 2017, Penentuan Daerah Pemasaran Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Dan Pengem-bangan Produk Berdasarkan Kepuasan Pelanggan Di Perusahaan Peci M.Iming Dengan Pendekatan Costumer Relationship Management, Teknik dan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Universitas Komputer Indonesia, Bandung
Gautama, I.; Thendean, T.; Sanjaya, W.; Ho-lim, J., 2004, Pembangunan Custom-er Relationship Management (Crm) Berbasis Web Pada Pt. App Tour And Travel. Jakarta, KOMMIT2004, ISSN:1411-6286
Saladin, Djaslim. 1996. Unsur-unsur Inti Pemasaran dan Manajemen Pemasa-ran, Bandung: CV. Mandar Maju
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in MAJALAH ILIMIAH UNIKOM agree to the following terms:
- Authors retain the copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).