Abstract

PT.X adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan makanan ringan yang memiliki inovasi dalam perkembangan produknya. Kesulitan yang dialami, adalah dalam menentukan jenis promosi yang tepat untuk dilakukan di perus-ahaan. Hal ini dapat kita atasi dengan melakukan analisis bauran promosi menggunakan regresi berganda untuk mengetahui jenis proposi yang lebih efektif dan berdampak baik pada perusahaan.
Bauran promosi adalah kombinasi dari penjualan tatap muka, periklanan, pro-mosi penjualan, publisitas dan hubungannya yang membantu pencapaian tujuan perusahaan. Kebijakan yang ditempuh dalam bauran promosi perus-ahaan adalah Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Pribadi, Publisitas, dan Pemasarang Langsung. Kelima hal tersebut akan dimasukan kedalam analisis promosi. Berdasarkan hasil analisis periklanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap volume penjualan, penjualan pribadi berpengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, promosi penjualan berpengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, promosi penjualan ber-pengaruh namun tidak signifikan terhadap volume penjualan, pemasaran lang-sung berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap volume penjualan
Dari hasil pengolahan analisis bauran promosi menggunakan regresi berganda disimpulkan bahwa penjualan pribadi dan promosi penjualan memiliki nilai lebih daripada publisitas, periklanan dan pemasaran langsung meskipun hasil-nya tidak signifikan terhadap volume penjualan.