PENGARUH LEVERAGE, KOMPLEKSITAS OPERASI PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR DAN LABA/RUGI OPERASI PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN, JASA DAN INVESTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015)

Devri Prananda S, Willy S Yuliandari, Siska P Yudowati

Abstract


Pada umumnya perusahaan yang telah go public akan menerbitkan laporan keuangan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, masih terdapat beberapa perusahaan yang mengalami keterlambatan dalam menerbitkan laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi Auditor dan Laba/Rugi Operasi Perusahaan terhadap Audit Delay pada Perusahaan Perdagangan, Jasa dan Investasi yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 66 perusahaan dengan periode penelitian pada tahun 2013-2015. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Leverage, Kompleksitas Operasi Perusahaan, Reputasi Auditor dan Laba/Rugi Operasi Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan secara parsial, Kompleksitas Operasi Perusahaan dan Reputasi Auditor berpengaruh positif signifikan terhadap Audit Delay, Laba/Rugi Operasi Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Audit Delay. Sedangkan Leverage tidak berpengaruh terhadap Audit Delay.

Keywords


Leverage;Kompleksitas Operasi Perusahaan;Reputasi Auditor dan Laba/Rugi Operasi Perusahaan;Audit Delay

Full Text:

PDF

References


Che Ahmad & Shamharir, A. (2008). Audit Delay of Listed Companies: A Case of Malaysia. International Business Re-search, 1(4), 32-39.

Hery. (2016). Auditing dan Asurans. Jakarta: Grasindo

Ikatan Akuntan Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kartika, Andi. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Audit Delay Pada Pe-rusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Dinamika Keuangan dan Per-bankan 3.2, 152-171.

Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-134/BL/2006 tentang Kewajiban Penyampaian Laporan Tahunan Bagi Emiten Atau Perusahaan Publik.

Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-307/BL/2004 tentang Sanksi.

Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-346/BL/2011 tentang Penyampaian Laporan Keuangan Berkala Emiten Atau Perusahaan Publik.

Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan Nomor: KEP-347/BL/2012 tentang Penyajian dan Pengungkapan Laporan Keuangan Emiten atau Perusahaan Publik.

Munawir, 2010, Analisis Laporan Keuangan. Edisi keempat. Penerbit. Liberty, Yogyakarta.

Ni Made Adhika, V. & Made Gede, W. (2016). Pengaruh Pergantian Auditor, Reputasi KAP, Opini Audit dan Komite Audit Pada Audit Delay. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 17.2, 1083-1111.

Ni Nyoman Trisna, D., A. & I Ketut, B. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Uku-ran Perusahaan, Kompleksitas Operasi Perusahaan Dan Reputasi Kap Terhadap Audit Report Lag Pada Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 8.2, 217-230.

Ni Made Shinta, W. & I Ketut, B. (2016). Pengaruh Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor dan Perganatian Auditor Terhadap Audit Report Lag. E-Jurnal Akuntansi Uni-versitas Udayana 15.1, 200-227.

Puspitasari, Elen & Anggraeni, N., S. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Lamanya Waktu Penyelesaian Audit (Audit Delay). Jurnal Akuntansi & Auditing. 9.1, 1-96

Silvia, A., & Made Gede, W. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Kompleksitas Operasi, Reputasi KAP dan Komite Audit Pada Audit Delay. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 5.2, 251-270.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.