APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA MENGGUNAKAN METODE BASED MARKER AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Selvia Lorena Br. Ginting, Fauzi Sofyan

Abstract


Augmented reality sebagai metode pengenalan alat musik tradisional indonesia adalah salah satu cara memperkenalkan alat musik tradisional bagi pemula yang ingin mengenal ataupun mengetahui bagaimanakah bentuk dan nada suara dari alat musik tradisional tersebut. Aplikasi untuk pengenalan alat musik tradisional ini mungkin nantinya diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan terhadap alat musik tradisional yang berasal dari indonesia ini. Sep-erti yang kita ketahui bersama sangat jarang dijumpainya alat musik tradisional indonesia yang dimainkan di tempat tempat umum, padahal kombinasi alat musik tradisional seperti angklung dan gamelan ataupun alat musik tradisional lainnya sangatlah enak untuk didengarkan dan dapat menarik perhatian setiap orang baik warga lokal maupun interlokal selain untuk melestarikan bisa juga untuk mengundang ketertarikan turis mancanegara sehingga dapat menguntungkan negara. Aplikasi ini juga dapat mempermudah setiap orang baik muda dewasa ataupun yang sudah tua untuk memainkanya dimanapun berada tanpa harus pergi ketempat asal alat musik tradisional itu berada. Aplikasi augmented reality yang dibangun nantinya akan diaplikasikan dan dijalankan pada platform mobile android, dimana pada cara kerjanya aplikasi ini akan menggunakan kamera smartphone android sebagai inputan untuk melacak dan membaca marker (penanda) yang telah dibuat pada media seperti buku atau majalah dengan menggunakan sistem tracking. Setelah marker terbaca atau terlacak nantinya alat musik tradisional dalam bentuk 3D akan tampil dan virtual button pun akan muncul sehingga pengguna dapat mengenal alat musik tradisional ini berdasarkan bentuk 3Dnya dan dapat memainkan nadanya berdasarkan objek virtual button yang disentuh. Pengguna nantinya bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dan mengunduhnya secara online, untuk media marker (penanda) seperti buku atau majalah dapat di unduh juga secara online dan gratis selain itu dapat juga dicetak atau di print sendiri oleh pengguna.

Keywords


Augmented Reality;alat musik tradisional;marker;objek 3D

Full Text:

PDF

References


Anuroop Katiyar, Karan Kalra, Chetan Garg, 2015, Marker Based Augmented Re-ality, Advances in Computer Science and Information Technology (ACSIT) 2(5):441-445

Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality. In Presence: Teleoperators and Virtual Environments, 2.

Developer Vuforia. (2011). Developing With Vuforia. Diperoleh 15 April 2016 dari https://developer.vuforia.com: https://developer.vuforia.com/ re-sources/dev-guide/getting- started.

Furht, B. (2011). Handbook of Augmented Reality. New York: Springer.

Gerhana Aditya Yana, Syaripudin Undang, Setiawan Erwin., 2016, Implementasi Teknologi Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Berbasis Mo-bile Android. join 1(6):2527-9165.

Khotimah Khusnul., 2014, Aplikasi Tutorial Rukun Umroh Menggunakan Aug-mented Reality Berbasis Android, prosiding seminar ilmiah nasional, 8(10):2302-3740.

Labschutz, M., & Krosl, K. (2011). Content Creation for a 3D Game with Maya and Unity. Proceedings of CESCG 2011: The 15th Central European Seminar on Computer Graphics, 1-2.

Lee, W. M. (2012). Beginning Android 4 Ap-plication Development. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Lee, W., & Woo, W. (2009). Real-time Color Correction for Marker-based Aug-mented Reality Application. GIST U-VR Lab, 1-4.

Mark Billinghurts, 2002, Augmented Reality in Education, New horizons for learn-ing 12:1-2

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering: A Practitioner’s Approach 8th Edition. New York: McGraw-Hill.

Roedavan, R. (2014). Unity Tutorial Game Engine. Bandung: Informatika.

Satu Jam, 2016, 44 Gambar Alat Musik Tradisional Indonesia Serta Daerah Asal, http://satujam.com/alat-musik-tradisional/, diakses pada tanggal 19 oktober 2016.

Winarno Edy, Hadikurniawati Wiwin, Ardhianto Eka., 2012, Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender, jurnal teknologi informasi DINAMIK, 17(2): 107-117.

Selvia, L.G., Endra Sudrayana. (2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Gedung Baru UNIKOM Berbasis Android. Majalah UNIKOM. Hal.283-295.

Selvia, L. G., Yogie, R. G., & Fawaiz Rasyid. (Oktober 2016). Penerapan Teknologi Augmented Reality Untuk Membangun Aplikasi Pemandu Kota Berbasis Mobile Android Memanfaatkan LBS Yang Diintegrasikan dengan Google Maps dan GPS (Pusat Studi: Provinsi Jawa Barat). Jurnal Tekno Insentif: Vol. 10 No.2. Hal.15-22.

Selvia, L. G., Yogie, R. G., & Widantyo, A. (April 2017). Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Stimulasi Bayi Menggunakan Metode Marker Berbasis Android. Jurnal Jamika Vol.1 No.13, 1-13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.